Perbandingan Spesifikasi Tank Abrams AS vs T-14 Armata Rusia, Siapa Lebih Canggih?

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 16:25 WIB
loading...
Perbandingan Spesifikasi Tank Abrams AS vs T-14 Armata Rusia, Siapa Lebih Canggih?
Perbandingan Spesifikasi Tank Abrams AS dengan T-14 Armata Rusia. Foto/Military Today
A A A
JAKARTA - Sekitar 31 tank Abrams buatan Amerika Serikat (AS) telah tiba di Ukraina awal pekan lalu. Bantuan militer ini menjadi salah satu pemenuhan janji Joe Biden kepada Kiev beberapa waktu sebelumnya.

Menurut laporan VOAnews, para tentara Ukraina yang sebelumnya mengikuti pelatihan juga sudah pulang. Artinya, pengoperasian Abrams di medan tempur hanya perlu menunggu perintah saja.

Keberadaan tank Abrams ditujukan guna mendukung kekuatan tempur Ukraina melawan Rusia. Jika benar diterjunkan, nantinya mereka berpotensi saling beradu dengan tank canggih milik Moskow, termasuk T-14 Armata.



Lantas, bagaimanakah perbandingan spesifikasi antara tank Abrams dan T-14 Armata ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Perbandingan Tank Abrams vs T-14 Armata


1. Tank Abrams


M1 Abrams merupakan salah satu tank tempur kenamaan di dunia. Untuk bantuan militer terbaru yang diberikan untuk Ukraina, AS mengirim tipe M1A1 buatan General Dynamics.

Melihat riwayatnya, M1A1 ini menjadi pengembangan lebih lanjut dari M1 Abrams. Produksi pertama dilakukan pada 1985 dan langsung beroperasi bersama Angkatan Darat AS setahun setelahnya.

Mengutip laman Military Today, Sabtu (21/10/2023), M1A1 Abrams memiliki banyak keunggulan dari pendahulunya. Salah satunya terlihat pada bekal perlindungan lapis baja komposit canggih.

Selain itu, peningkatan penting dari tank ini terletak pada senjata meriam smoothbore M256 120 mm dengan jangkauan efektif hingga 4 km. Senjata serupa juga digunakan pada tank Leopard 2 hingga 2A5.

Pada dapur pacunya, M1A1 Abrams dilengkapi mesin Avco Lycoming (Honeywell) AGT1500. Bekal tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 1.500 HP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)