15 Fakta Unik Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui, Rambut Rontok 100 Helai Setiap Hari?

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 06:30 WIB
loading...
15 Fakta Unik Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui, Rambut Rontok 100 Helai Setiap Hari?
Tubuh manusia memiliki banyak sekali fakta yang tidak diketahui dan bahkan membuat terkejut. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tubuh manusia ini memiliki banyak fakta-fakta unik yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Banyak jenis organ dalam tubuh manusia, seperti ginjal, jantung, otak, kulit, hidung, hingga pembuluh darah bekerja dengan cara yang unik. Masing-masing organ tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda dalam membentuk kesehatan tubuh.

Apakah anda pernah berpikir, berapa kali kedip mata kita setiap menitnya? Itu semua karena tubuh kita diciptakan sebagai mesin yang sangat pintar.
Agar organ dalam tubuh kita tetap hidup dan berfungsi sempurna, tubuh akan melakukan banyak proses yang bekerja setiap detik nya tanpa berhenti.

Inilah 15 Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Memiliki kerangka baru dalam 10 tahun

Dilansir dari laman Best Life, rata-rata tulang yang anda miliki sekarang akan beregenerasi sepenuhnya dalam waktu sekitar satu dekade. Seiring bertambahnya usia, dan dengan regenerasi yang lebih lama, dapat menyebabkan tulang menjadi lebih tipis secara alami.

2. Menghasilkan lebih dari 1 liter air liur yang dihasilkan setiap hari

Air liur diproduksi oleh kelenjar ludah yang terletak di dalam mulut. Kelenjar ini dapat memproduksi kurang lebih 1-2 liter air liur setiap harinya.
Air liur ternyata memiliki kandungan protein, mineral, air, serta enzim amilase yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat.

3. Tubuh akan berukuran lebih tinggi pada pagi hari dibandingkan malam hari

Berdasarkan teori dalam bidang antropometri, tinggi badan dapat bertambah pada pagi hari dibandingkan malam hari. Hal ini dapat terjadi, karena adanya pengaruh dari aktivitas manusia, sehingga menyebabkan perubahan panjang kolumna vertebralis selama aktivitas.

4. Memiliki lebih dari 96 ribu kilometer pembuluh darah

Pembuluh darah bekerja didalam tubuh kita sebagai sebuah tim. Jika seluruh pembuluh darah yang ada pada tubuh kita disatukan, bisa melingkari bumi, lho. Meskipun memiliki diameter yang cukup kecil, akan tetapi panjang jaringannya luar biasa. Pembuluh darah dalam tubuh ada tiga jenis. yaitu arteri, kapiler, dan vena.

5. Perut akan keroncongan karena penuh udara dalam usus

Hal ini bisa terjadi karena adanya gas berlebih yang bergerak maju-mundur dalam usus, sehingga perut adakan berbunyi seperti sedang kelaparan. Disebabkan juga oleh masuknya udara ke saluran pencernaan akibat makan terlalu cepat, makan dan bicara pada saat yang bersamaan , ataupun ketika minum saat berolahraga.

6. Tulang manusia lebih kuat dari baja

Tubuh manusia merupakan salah satu bahan terkuat yang ditemukan di alam. Bahkan, sangat kuat hingga empat sampai lima kali lebih kuat dari baja dengan ukuran yang sama.

7. Kaki manusia mengandung tulang seperempat dari jumlah tulang seluruh tubuh

Seperempat tulang tubuh manusia terdapat pada kaki, dengan masing-masing kaki terdapat 26 tulang dari 206 tulang pada tubuh orang dewasa, 52 diantaranya ditemukan di kaki. Namun, beberapa orang mungkin memiliki 28 tulang disetiap kaki nya.

8. Tulang terkecil di tubuh terdapat pada bagian telinga

Terdapat tiga pendengaran kecil pada telinga bagian tengah yang bernama osikel, yang terdiri dari malleus (menempel pada gendang telinga), inkus (melekat pada maleus), dan stapes (menempel pada inkus dan menjadi tulang terkecil pada tubuh).

9. Tidak memiliki otot jari

Meskipun tidak memiliki otot, jari tetap bisa bekerja dengan baik karena ada 34 otot di telapak tangan dan bagian lengan bawah sehingga jari bisa bekerja dengan baik.

10. Separuh kekuatan tangan ada di jari kelingking

Anda akan kehilangan 50 persen kekuatan tangan Anda dengan mudah. Hal ini dapat terjadi karena jari kelingking dan jari manis berfungsi sebagai tenaga bawah, sedangkan jari telunjuk, jari tengah, dan ibu jari memberikan segala ketangkasan.

11. Otot jantung tidak pernah berhenti

Karena otot jantung terdiri dari sel-sel khusus yang disebut Cardiomyocyte yang dapat menahan otot jantung dan menahan kelelahan, serta memiliki mitochondria untuk menghasilkan energi.

12. Mata berkedip 20 kali per menit

Rata-rata manusia akan berkedip hingga 20 kali setiap menitnya. Bahkan, dalam sehari manusia bisa berkedip hingga lebih dari 20.000 kali. Jumlah kedipan ini juga tergantung pada waktu bangun dan tidur seseorang.

13. Otak dan jantung terdiri dari 73%

Menurut Dr Jeffrey Utz yang dilansir dari situs USGS, kandungan air dalam tubuh bayi saat lahir berkisar 78%. Saat menginjak usia satu tahun, kadar air nya menurun menjadi 65%. Sedangkan pada pria dewasa, 60% dari tubuh mereka adalah air. Sedangkan wanita memiliki lebih banyak lemak daripada pria, sehingga 55% dari berat tubuh mereka adalah air.

Dengan memiliki banyak kandungan air dalam tubuh, sehingga bisa membantu sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain, membawa nutrisi, dan membersihkan racun.

14. Telinga dan hidung selalu memanjang

Dilansir dari Reader Digest, berbeda dengan sel lainnya, hidung dan telinga merupakan bagian tubuh yang tidak “mengunci” usai pubertas berlalu. Indra penciuman dan pendengaran tersebut adalah organ dengan fondasi tulang rawan, sehingga dapat bertumbuh serta berkembang sepanjang usia Anda.

Baca Juga: Mengunjungi Pameran Seni Rupa Di Luar Kulit Manusia

15. Ada sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap harinya

Umumnya setiap orang akan kehilangan rambutnya kurang lebih 50-100 helai per harinya. Hal tersebut terbilang normal dan tidak menimbulkan penipisan pada rambut di kulit kepala, karena rambut-rambut yang baru tetap tumbuh pada saat bersamaan.

Itulah, fakta unik dan menarik tubuh manusia yang mungkin belum kamu ketahui sampai saat ini.

MG/TalithaLuthfianaSafa
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)