Ilmuwan Temukan Daun Ganja Tumbuh di Batang Pohon Ara

Senin, 30 Oktober 2023 - 07:48 WIB
Ilmuwan Temukan Daun Ganja Tumbuh di Batang Pohon Ara
Daun Ganja Tumbuh di Batang Pohon Ara. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Para ilmuwan di Brasil menemukan ganja di dalam tanaman yang sangat berbeda, yaitu pohon ara. Tanaman ini ditemukan di hutan hujan Amazon di negara bagian Mato Grosso.

Penemuan ini mengejutkan para ilmuwan karena ganja biasanya ditemukan di tanaman dari keluarga Cannabis, seperti ganja dan rami. Tanaman ara, di sisi lain, berasal dari keluarga Arecaceae, yang mencakup kelapa, palem, dan pohon pinang.

Seperti dilansir dari Daily Start, Senin (30/10/2023), para ilmuwan percaya bahwa ganja mungkin telah ditransfer ke pohon ara melalui penyerbukan silang.

Mereka juga percaya bahwa ganja mungkin telah digunakan oleh penduduk asli Amazon untuk tujuan medis atau ritual.

Tanaman ara yang ditemukan mengandung THC, senyawa psikoaktif yang ditemukan dalam ganja. Tanaman ara ini berasal dari spesies ara yang disebut Euterpe precatoria.

Tanaman ara ini ditemukan di hutan hujan Amazon di negara bagian Mato Grosso, Brasil.

Penemuan ini menunjukkan bahwa ganja mungkin telah lebih tersebar luas di Amerika Selatan daripada yang diperkirakan sebelumnya. Ini juga menunjukkan bahwa ganja mungkin telah digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk tujuan yang lebih beragam daripada yang diketahui sebelumnya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana ganja dapat ditemukan di pohon ara, dan bagaimana tanaman ini mungkin telah digunakan oleh penduduk asli Amazon.