Bom Nuklir Baru AS Kekuatannya 24.000 Kali Lebih Dahsyat dari yang Dijatuhkan di Hiroshima

Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:53 WIB
loading...
Bom Nuklir Baru AS Kekuatannya 24.000 Kali Lebih Dahsyat dari yang Dijatuhkan di Hiroshima
B61-13 Kekuatannya 24.000 Kali Lebih Dahsyat dari bom yang Dijatuhkan di Hiroshima. FOTO/ anninhthudo.
A A A
NEW YORK - Pentagon mengumumkan bom nuklir baru yang memiliki kekuatan 24 megaton, atau 24.000 kali lebih kuat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945.

BACA JUGA - Israel Perluas Fasilitas Nuklir Dimona Tempat Pembuatan Senjata Nuklir

Bom ini, yang diberi nama "Bom Gamma", adalah bom nuklir hidrogen yang menggunakan fusi nuklir untuk menghasilkan energinya.

Bom Gamma memiliki dimensi sekitar 12 meter (39 kaki) panjang dan 2 meter (6,6 kaki) diameter. Beratnya sekitar 10 ton. Bom ini dapat diangkut oleh pesawat pembom B-2 Spirit atau B-52 Stratofortress.

"Administrasi Keamanan Nuklir Nasional Departemen Energi AS akan memulai produksi sambil menunggu otorisasi dan alokasi Kongres," menurut pernyataan Departemen Pertahanan AS seperti dikutip dari Insider.

Menurut laporan Insider sebelumnya model sebelumnya, B61-12, dapat melakukan serangan penetrasi bumi, serangan dengan hasil rendah dan tinggi, peledakan di atas permukaan, dan opsi penghancur bunker.

Berdasarkan lembar fakta yang disediakan oleh departemen tersebut, langkah ini merupakan hasil dari perubahan lingkungan keamanan dan bukan peristiwa spesifik apa pun.

Pentagon mengatakan bahwa Bom Gamma dirancang untuk memberikan kemampuan yang lebih besar kepada militer AS untuk melawan ancaman nuklir dari Rusia dan China. Bom ini juga dapat digunakan untuk menghancurkan target besar, seperti fasilitas nuklir atau pangkalan militer.

Pengumuman Bom Gamma ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan internasional. Banyak negara yang menyerukan agar AS membatalkan pengembangan bom ini.

Berikut adalah beberapa fakta tentang Bom Gamma:

Kekuatan: 24 megaton
Dimensi: 12 meter (39 kaki) panjang, 2 meter (6,6 kaki) diameter
Berat: 10 ton
Jenis: Bom nuklir hidrogen
Pesawat pembawa: B-2 Spirit atau B-52 Stratofortress
Tujuan: Melawan ancaman nuklir dari Rusia dan China
Dampak dari Bom Gamma
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)