Dibekali Rudal Jelajah Jarak Jauh Terbaru, Jet Tempur Siluman Rusia Su-57 Makin Menakutkan

Selasa, 31 Oktober 2023 - 20:31 WIB
loading...
Dibekali Rudal Jelajah Jarak Jauh Terbaru, Jet Tempur Siluman Rusia Su-57 Makin Menakutkan
Rusia membekali pesawat tempur siluman Su-57 Felon dengan rudal jelajah jarak jauh terbaru. Foto/Dzen-ru/Wikipedia
A A A
MOSKOW - Rusia membekali pesawat tempur siluman Su-57 Felon dengan rudal jelajah jarak jauh terbaru. Rudal jelajah jarak jauh disebutkan dapat secara akurat menyerang sasaran hingga jarak 600 kilometer.

Belum disebutkan secara detail rudal jelajah jarak jauh (Long-range cruise missile/KRBB) yang digunakan Su-57 Felon. Laman Bulgarian Military menduga rudal jelajah jarak jauh yang digunakan mirip yang diterapkan pada pesawat tempur Su-34M Fullback yang digunakan selam operasi militer khusus di Ukraina.

“KRBB (Rudal jelajah jarak jauh) yang baru dikembangkan dengan penempatan internal untuk Su-57. Meskipun dimensinya relatif lebih kecil, jangkauan rudal ini mirip dengan persenjataan yang digunakan pengebom strategis Tu-95MS dan Tu-160,” tulis kantor berita Rusia RIA Novosti dikutip SINDOnews, Selasa (31/10/2023).



Laporan tersebut menyoroti kemampuan rudal jelajah jarak jauh yang diluncurkan dari udara dapat secara akurat menyerang sasaran hingga jarak 600 kilometer. Dokumen tersebut memberikan rincian pola penggunaan Angkatan Udara Rusia (VKS), yang menyatakan dalam operasi jarak jauh melibatkan rudal jelajah dengan jangkauan antara 1.000 dan 6.500 kilometer.

Sebelumnya, beberapa sumber berspekulasi bahwa rudal yang belum teridentifikasi ini mungkin merupakan versi upgrade dari rudal udara-ke-udara (AAM) R-37 atau RVV-BD/R-37M . Rudal ini mampu diluncurkan dari beberapa pesawat termasuk Su-57 dan Su-35S.
Dibekali Rudal Jelajah Jarak Jauh Terbaru, Jet Tempur Siluman Rusia Su-57 Makin Menakutkan


Kedua pesawat tempur ini dapat menyerang target di ketinggian rendah dan tinggi serta hingga jarak 300 kilometer. Namun, rudal yang dilaporkan, yang dirancang untuk digunakan pada jet generasi kelima, belum diungkapkan secara resmi.

Penggunaan rudal jelajah jarak jauh yang canggih pada pesawat tempur siluman Su-57 sangat penting karena berguna untuk melakukan serangan jarak jauh ke darat sambil menghindari infiltrasi ke wilayah musuh. Kemampuan ini membantu menghindari deteksi oleh pesawat Peringatan Dini Lintas Udara (AEW) AS atau NATO E-3 Sentry, yang kerap berpatroli di wilayah perbatasan.



Vladimir Artyakov, Wakil Direktur Jenderal Pertama Rostec, menyatakan tahun ini bahwa platform Su-57 sedang melalui fase evolusi. “Kemampuan tempurnya ditingkatkan dan kemajuan teknologi terkini dimasukkan ke dalamnya, sehingga terus meningkatkan kemampuannya,” ujarnya.

Kemampuan menonjol di antara fitur-fitur mutakhirnya adalah sistem komunikasi yang canggih, antarmuka pilot yang intuitif, dan kokpit yang berteknologi maju. Media resmi Rusia menyatakan bahwa beberapa fungsi ini dapat diperkuat melalui penerapan kecerdasan buatan (AI).
Dibekali Rudal Jelajah Jarak Jauh Terbaru, Jet Tempur Siluman Rusia Su-57 Makin Menakutkan


Pesawat tempur Su-57 dilengkapi dua ruang senjata internal yang terletak di antara mesin dan dua ruang samping untuk pertahanan dan ofensif. Fasilitas lain termasuk kemampuan mengakomodasi beragam persenjataan pada sepuluh cantelan internal dan enam cantelan eksternal.

Di antaranya adalah teknologi rudal udara-ke-udara (AAM) R-74M Archer dan R-77M Adder dan rudal udara-ke-permukaan Kh-38M. Pesawat ini juga dilengkapi dengan rudal anti-kapal Kh-31AD dan Kh-35U, yang selanjutnya ditingkatkan dengan rudal anti-radiasi Kh-31PD dan Kh-58UShK.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)