5 Fakta Sloth, Hewan Termalas yang Jago Berenang

Kamis, 02 November 2023 - 07:43 WIB
loading...
5 Fakta Sloth, Hewan Termalas yang Jago Berenang
Sloth banyak ditemukan di hutan tropis dataran rendah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. (Foto: Sloth Conservation)
A A A
JAKARTA - Sloth dikenal sebagai hewan termalas di dunia namun jago berenang. Satwa ini termasuk subordo Folivora alias mamalia penghuni pohon yang terkenal karena gerakannya lambat.

Sloth banyak ditemukan di hutan tropis dataran rendah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Ciri-cirinya memiliki kaki panjang, ekor kekar, kepala bulat, dan telinga yang tidak mencolok. Sloth mempunyai penglihatan dan pendengaran yang begitu jelas. Sloth lebih berorientasi pada sentuhan.

Hewan ini memiliki berat sekitar 3,6 - 7,7 kilogram dengan tinggi 0,6 - 0,8 meter tergantung spesiesnya.

Berikut fakta lain dari sloth dirangkum dari berbagai sumber:

1. Perenang yang Baik


Meskipun sloth menjadi hewan terlambat di darat, tetapi saat berada di air, sloth terkenal lebih lincah. Sloth bisa berenang tiga kali lebih cepat dibandingkan saat bergerak di tanah.


2. Berjari Dua dan Tiga


Sloth memiliki dua spesies berbeda yang dapat dilihat dari jumlah jarinya. Penampilan kedua spesies ini sangat mirip, dengan kepala bulat, mata yang tampak sedih, telinga kecil, dan ekor yang gemuk.

Sloth berjari dua memiliki ukuran yang relatif lebih besar. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk bergantungan terbalik. Sedangkan sloth berjari tiga memiliki wajah yang terlihat selalu tersenyum. Mereka lebih sering menghabiskan waktunya dengan duduk tegak di cabang dahan pohon.

3. Bisa Memutar Kepala 270 Derajat


Sloth berjari tiga memiliki keunikan dibandingkan dengan sloth berjari dua. Sloth spesies ini memiliki tulang leher tambahan yang memungkinkan mereka memutar kepalanya hampir seluruhnya atau sekitar 270 derajat.

4. Memiliki Mata Buta di Siang Hari


Sloth memiliki kondisi yang sangat langka yang disebut sebagai monokromasi batang. Hal ini membuat sloth tidak memiliki sel kerucut di mata mereka. Akibatnya, sloth mengalami buta total di siang hari dan memiliki sedikit penglihatan di cahaya yang redup atau malam hari, sehingga sloth banyak melakukan aktivitasnya di malam hari.


5. Metabolisme Rendah


Sloth bisa mencerna makanannya yang hanya sehelai daun selama 30 hari. Sloth memiliki tingkat metabolisme yang lemah dibandingkan mamalia lainnya. Perut yang terdapat empat bilik sudah penuh secara permanen, yang bahkan bisa mencapai 30 persen massa tubuh mereka.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2540 seconds (0.1#10.140)