7 Planet Baru Temuan NASA yang Panasnya Melebihi Matahari

Senin, 06 November 2023 - 08:48 WIB
7 Planet Baru Temuan NASA yang Panasnya Melebihi Matahari
7 Planet Baru Temuan NASA. FOTO/ DAILY
LONDON - NASA mengumumkan penemuan tujuh planet baru di sekitar bintang HD 260655. Bintang ini terletak sekitar 30 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bintang tipe-A yang lebih panas dari Matahari.

Tujuh planet baru ini ditemukan menggunakan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA. TESS mendeteksi planet-planet ini dengan melihat penurunan kecerahan bintang saat planet-planet tersebut melintas di depan bintang.

Dari tujuh planet baru ini, tiga di antaranya berada dalam zona layak huni bintang, yaitu area di sekitar bintang di mana air dapat berada dalam keadaan cair di permukaan planet.

Seperti dilansir dari Daily Start, Senin (6/11/2023), namun, planet-planet ini berukuran kecil, yaitu sekitar 1,2 hingga 1,5 kali ukuran Bumi.

Penemuan tujuh planet baru ini menambah jumlah planet ekstrasurya yang diketahui menjadi lebih dari 5.000. Penemuan ini juga menunjukkan bahwa planet-planet dapat terbentuk di sekitar bintang yang lebih panas dari Matahari.

Berikut adalah informasi singkat tentang tujuh planet baru tersebut:

1. HD 260655 b adalah planet terbesar dari tujuh planet baru ini, dengan ukuran sekitar 1,5 kali ukuran Bumi. Planet ini mengorbit bintang setiap 2,8 hari dan berada dalam zona layak huni bintang.

2. HD 260655 c adalah planet kedua terbesar, dengan ukuran sekitar 1,3 kali ukuran Bumi. Planet ini mengorbit bintang setiap 4,3 hari dan berada dalam zona layak huni bintang.

3. HD 260655 d adalah planet ketiga terbesar, dengan ukuran sekitar 1,2 kali ukuran Bumi. Planet ini mengorbit bintang setiap 7,1 hari dan berada dalam zona layak huni bintang.