Ratusan Ahli Medis Israel Desak IDF Ledakkan Rumah Sakit di Gaza

Senin, 06 November 2023 - 14:17 WIB
loading...
Ratusan Ahli Medis Israel Desak IDF Ledakkan Rumah Sakit di Gaza
Ahli Medis Israel Desak IDF Ledakkan Rumah Sakit di Gaza. FOTO/ DAILY
A A A
GAZA - Sebanyak 100 dokter di Israe l telah menandatangani petisi yang isinya mendesak Israel Defense Force (IDF) atau tentara Israel meledakkan rumah sakit di Gaza. Terutama rumah sakit yang dijadikan tempat persembunyian gerilyawan Hamas.



Dilaporkan Mint, Senin (6/11/2023) ini, petisi itu beredar di sosial media dalam bentuk foto. Petisi tersebut dituliskan dalam bahasa Hebrew.

"Tidak ada tempat yang aman bagi siapa pun yang memanfaatkan rumah sakit dengan kegiatan Hamas," klaim petisi tersebut.

Isi petisi itu lebih lanjut menyebutkan bahwa penduduk Gaza juga bersalah karena membiarkan rumah sakit dimanfaatkan untuk kegiatan gerilyawan Hamas. Jadi sudah sewajarnya IDF melakukan tindakan tegas terhadap upaya tersebut.

"Mereka berupaya memanfaatkan celah dari sensitivitas masyakat barat. Mereka sendiri yang menyebabkan kehancuran," tuduh petisi tersebut.

Keberadaan petisi itu sendiri pertama kali terungkap melalui unggahan dari aktivis asal Palestina, Mona Omary lewat akun X miliknya.

Dia mengomentari unggahan tersebut dengan mempertanyakan sikap moral Israel yang bila akhirnya setuju untuk meledakkan rumah sakit di Gaza yang dijadikan tempat persembunyian gerilyawan Hamas.

"Desakan ini sangat berbahaya karena akan menjadikan perdebatan masalah moral yang berkepanjangan," terangnya.

Kehebohan ini disebutkan Livemint muncul setelah Israel mendapat kecaman masyarakat dunia karena menjadikan kamp pengungsi terbesar di Gaza sebagai lokasi penyerangan. Tentara Israel berdalih serangan itu dilakukan untuk menangkap salah satu tokoh komandan gerilyawan Hamas. Akibat serangan itu sebanyak 195 masyarakat Palestina meninggal dunia.

Aksi mereka bahkan terus berlanjut dengan menyerang sekolah yang dikelola PBB pada tanggal 2 November 2023 dan menewaskan 27 orang.

Israel bahkan pernah meledakkan rumah sakit Al-Ahli di Gaza yang menewaskan ratusan orang. Israel waktu itu berkilah ledakan justru terjadi karena roket Hamas yang salah arah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)