Mengejutkan, Riset Terbaru Ungkap Tikus Punya Kemampuan Teleportasi

Selasa, 07 November 2023 - 07:43 WIB
loading...
Mengejutkan, Riset Terbaru Ungkap Tikus Punya Kemampuan Teleportasi
Otak tikus memiliki kemampuan melintasi waktu. (Foto: Sputnik)
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal Science mengungkap fakta mengejutkan. Disebutkan, tikus memiliki kemampuan teleportasi atau berpindah tempat dalam sekejap. Meski baru dalam tahap virtual reality namun temuan ini akan sangat bermanfaat bagi umat manusia.

Dikutip dari Sputnik, Selasa (7/11/2023), tikus telah menunjukkan kemampuan untuk memanipulasi objek dalam lingkungan digital menggunakan aktivitas otaknya, mirip dengan kemampuan telekinetik yang terlihat dalam fiksi ilmiah. Alih-alih kekuatan mistis, tikus-tikus ini menggunakan kekuatan imajinasinya.

Hal ini ke depan akan sangat bermanfaat memajukan ilmu kognitif dengan membantu latihan pemikiran 3D, yang memiliki implikasi untuk pemahaman tentang ingatan dan pengembangan teknologi berbasis sinyal saraf.
Mayank Mehta, seorang neurofisikawan di UCLA, menyatakan kekagumannya terhadap penelitian ini. Dia menyebutkan pemahaman ilmiah yang lebih mendalam tentang area otak yang terlibat, dapat membantu peneliti dalam mendiagnosa dan mengobati gangguan ingatan .

Albert Lee, ahli neurosains dan timnya di Howard Hughes Medical Institute’s Janelia Research Campus di Ashburn, Virginia, mengeksplorasi kemampuan otak untuk melakukan perjalanan melintasi waktu dengan mengingat atau memprediksi peristiwa secara mental. Lee percaya bahwa kemampuan mental ini memperkaya kehidupan batin manusia.



Dalam penelitian, pertanyaan awal dari tim berfokus pada imajinasi spasial, apakah seseorang dapat memikirkan tempat yang berbeda saat diam. Lee menjelaskan, tugas untuk tikus-tikus ini dalam penelitian sangat sederhana dan tidak melibatkan tugas memori yang kompleks.

Chongxi Lai, rekan Lee di Beth Israel Deaconess, melatih tikus-tikus untuk menavigasi lingkungan virtual 3D pada treadmill bola. Aktivitas saraf di hipokampus mereka, yang penting untuk memproses informasi spasial, direkam melalui elektroda.

Para ilmuwan ingin mengetahui apakah tikus-tikus ini memiliki kemampuan navigasi mental. Dengan menggunakan pola aktivitas otak dari hipokampus, tikus-tikus ini belajar memposisikan sebuah kubus virtual pada struktur heliks. Ketika tikus berhasil melakukannya dengan benar, diberi hadiah air.

Studi khusus ini memiliki lanskap virtual yang dikendalikan oleh gelombang otak tikus, sehingga aktivitas treadmill mereka menjadi tidak relevan.

Para peneliti melatih tikus-tikus dengan intensif, dan mereka belajar cara mempertahankan kubus dalam posisi yang benar. Keterampilan ini menunjukkan tikus mampu menggunakan pusat ingatannya, hipokampus, untuk memicu pola aktivitas sel otak tertentu. Dengan mengesankan, tikus-tikus bahkan dapat melakukan teleportasi ke lokasi berbeda dalam dunia maya, menunjukkan kemampuan imajinatifnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5304 seconds (0.1#10.140)