Tercatat dalam Sejarah Ivan The Terrible, Tampang Manusia Tersadis dari Rusia Terkuak

Selasa, 30 Juli 2024 - 07:49 WIB
loading...
Tercatat dalam Sejarah...
Manusia Tersadis di dunia. FOTO/ DAILY
A A A
MOSCOW - Para ilmuwan telah menemukan manusia paling sadir dalam sejarah Ivan The Terrible dengan merekonstruksi wajah secara digital.


“Ini adalah pengalaman yang sangat menarik karena tidak hanya melibatkan perkiraan wajah, namun juga mempelajari kisahnya,” kata desainer grafis Cicero Moraes dalam video Youtube, di mana pria asal Brasil tersebut menjelaskan bagaimana dia mengeksekusi rekreasi virtual tersebut.

Moraes menjadi terkenal di kalangan ilmiah karena faksimili digitalnya yang berisi tokoh-tokoh sejarah, termasuk orang yang diduga terkaya dalam sejarah dan mumi wanita bersepuh emas yang misterius.

Penguasa lalim Rusia ini meninggal 440 tahun yang lalu pada tahun 1584, menyusul teror yang menyebabkan tiran paranoid tersebut mengeksekusi siapa pun yang dianggapnya tidak setia.

Pada tahun 1581, tak lama sebelum kematiannya, tsar yang cinta teror membunuh putranya dan satu-satunya pewaris yang masih hidup, Ivan IV, karena marah.

Untuk menghidupkan kemiripannya, Moraes pertama-tama mengumpulkan data dari penggalian ilmiah makam diktator yang dilakukan oleh peneliti Soviet, Mikhail Gerasimov.

“Menurut penelitian Dr. Gerasimov, tampaknya Ivan terlibat dalam kehidupan yang tidak teratur dengan makan berlebihan dan penyalahgunaan alkohol,” jelas ahli digital tersebut. “Ini pasti memperburuk kondisinya di tahun-tahun terakhirnya.”

Dia menambahkan: “Fakta menariknya adalah mereka menemukan sejumlah besar merkuri di tubuhnya, yang membuat beberapa orang mencurigainya keracunan. Namun mengingat kebiasaan pada saat itu, hal ini mungkin telah digunakan sebagai pengobatan untuk beberapa masalah kesehatan.”

Wajah ini sangat berbeda dengan pemimpin muda, yang digambarkan sebagai “tinggi, dengan rambut indah, bahu lebar, otot kuat, dan wajah menyenangkan.”

Berbekal informasi ini, ahli forensik wajah melukis potret digital menggunakan data dari donor hidup untuk memperkirakan kulit tsar di berbagai tempat di tengkoraknya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)