Mengenal America, Toilet Emas Senilai Rp96 Miliar yang Dicuri

Rabu, 08 November 2023 - 13:08 WIB
loading...
Mengenal America, Toilet Emas Senilai Rp96 Miliar yang Dicuri
Toilet emas America dicuri saat dipamerkan di Istana Blenheim, Inggris pada 14 September 2019. (Foto: AP)
A A A
JAKARTA - Mendengar kata toilet emas tentu akan membuat dahi siapapun mengkerut. Tapi faktanya benda itu benar-benar ada dan dianggap sebagai karya seni. Harganya pun tak kaleng-kaleng mencapai 5 juta Poundsterling atau sekitar Rp96 miliar.

Sayangnya, toilet emas yang dibuat dari emas 18 karat itu dicuri saat dipamerkan di Istana Blenheim, di kota Woodstock, Oxfordshire, Inggris pada 14 September 2019. Istana Blenheim merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan tempat kelahiran dan rumah Sir Winston Churchill.

Bertahun-tahun setelah peristiwa itu, empat orang telah dijatuhi dakwaan dan akan diadili pada 28 November 2023 mendatang. Kendati demikian, keberadaan toilet emas hingga kini masih menjadi misteri.


America


Toilet emas yang keberadaannya masih misterius ini bernama America. Toilet ini merupakan karya seniman konseptual Italia, Maurizio Cattelan.

Melansir Hypebeast, Rabu (8/11/2023), toilet emas berfungsi sebagaimana toilet biasa. Bahkan dalam beberapa pameran toilet ini tak hanya dipajang, tapi juga bisa digunakan oleh pengunjung, meski waktunya dibatasi selama 5 menit. Seperti saat dipamerkan di Solomon R. Guggenheim Museum di Kota New York pada 2016 silam.

Toilet emas America (2016) menandai kembalinya Maurizio Cattelan ke dunia seni setelah mengumumkan pensiun pada tahun 2011. Toilet emas didanai oleh Marian Goodman Gallery dan pihak lain termasuk Galerie Perrotin di Paris dan kolektor mega, Dasha Zhukova.



Karya Cattelan ini menyoroti pemborosan dan ketimpangan keuangan yang sedang melanda dunia pada umumnya dan Amerika Serikat secara khusus. America menciptakan lingkungan kelangkaan buatan ketika nilai penggunaannya setara dengan toilet lainnya. Ketimpangan pendapatan yang meluas terus memecah-belah ekonomi Amerika, membuat tampilan kelebihan dan kekayaan seperti toilet emas sangat mencolok.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)