7 Hewan Kecil Mematikan yang Harus Diwaspadai

Senin, 13 November 2023 - 13:30 WIB
loading...
7 Hewan Kecil Mematikan yang Harus Diwaspadai
Banyak hewan kecil yang justru berbahaya karena menyimpan racun tanpa disadari oleh manusia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kecil-kecil cabe rawit. Ternyata, banyak hewan kecil yang seringkali dianggap tidak berbahaya oleh manusia. Padahal, hewan kecil juga harus diwaspadai keberadaannya. Hewan kecil terkadang bisa menjadi makhluk paling mengerikan. Ukurannya yang kecil juga bisa menyebabkan banyak korban jiwa ketika disentuh.

Berikut tujuh hewan kecil mematikan yang harus diwaspadai:

1. Nyamuk

Nyamuk terkenal karena kemampuannya dalam menyebarkan malaria dan merupakan salah satu hewan paling mematikan di dunia. Namun, nyamuk tidak hanya membawa penyakit malaria, melainkan nyamuk juga membawa beberapa parasit, virus, dan cacing gelang yang berpotensi berbahaya bagi manusia.

Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari betapa berbahayanya serangga ini. Penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk juga sangat mudah menular. Untungnya, masih banyak orang yang dapat mencegah infeksi penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Namun, tetap harus menjaga kebersihan dan tetap waspada terhadap nyamuk.

2. Lalat

Lalat merupakan serangga kecil yang sering menghinggapi apa saja termasuk sampah dan makanan. Lalat tsetse merupakan lalat pembuat onar yang ada di Afrika Tengah. Lalat jenis ini bisa menularkan penyakit trypanosomiasis dari hewan ke hewan.

Lalat ini tidak hanya menularkan kepada hewan saja, melainkan juga kepada manusia dengan penyakit yang sama atau penyakit yang terinfeksi parasit.

3. Laba-laba

Beberapa jenis laba-laba seperti laba-laba tikus dan laba-laba janda merah. Laba-laba tikus memiliki tubuh yang kuat dan sangat agresif. Ketika merasa terancam, mereka akan mengangkat kaki belakangnya untuk mengambil posisi menyerang. Laba-laba tikus juga memiliki gigitan yang menyakitkan, bahkan bisa berakibat fatal.

Adapun laba-laba janda merah akan mengeluarkan racunnya yang sangat berbahaya, yang bisa menyebabkan kejang otot dan cedera. Laba-laba janda merah juga bisa membuat tekanan darah tinggi, muntah, kelemahan pernafasan, perut kaku, bahkan kematian pada anak-anak dan orang tua.

4. Kalajengking

Kalajengking menjadi salah satu spesies paling menakutkan yang berasal dari keluarga Buthidae. Kalajengking ini banyak ditemukan di Libya, Somalia, Sudan, Nigeria, Israel, Turki, dan lainnya.

Kalajengking ini sangat berbahaya bagi manusia sehingga harus dihindari. Kalajengking memiliki racun yang dapat menyebabkan disfungsi kardiovaskuler dan pernapasan yang dapat berdampak fatal.

5. Ubur-ubur

Ubur-ubur jenis irukandji merupakan ubur-ubur dengan ukuran sangat kecil yang paling mematikan di lautan. Ubur-ubur irukandji bisa mematikan seseorang hanya dengan satu sengatan.

Selain itu, ada pula ubur-ubur kotak yang dapat menyuntikkan racun ke dalam tubuh. Suntikan ini dapat menyebabkan serangan jantung, kelumpuhan, dan juga kematian.

6. Siput

Sebagian jenis siput seperti siput kerucut merupakan hewan kecil yang memiliki cangkang cantik. Namun, kecantikan cangkangnya menyimpan banyak rahasia mengerikan dibaliknya.

Siput kerucut memiliki racun yang bisa melumpuhkan mangsanya. Selain itu, siput kerucut juga berakibat fatal bagi manusia karena memiliki cairan yang dapat membuat kelumpuhan dan bahkan meninggal pada manusia.


7. Lebah

Lebah akan melindungi wilayahnya, terlebih madu yang mereka hasilkan. Lebah Eropa merupakan lebah agresif yang akan menghalangi siapapun yang akan mendekati sarangnya. Mereka akan bersama-sama mengerumuni dan membunuh siapapun untuk melindungisarangnya.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)