NASA Bikin Teleskop Luar Angkasa SPHEREx, Mampu Petakan 450 Juta Galaksi dan 100 Juta Bintang

Rabu, 15 November 2023 - 16:30 WIB
NASA membangun teleskop luar angkasa SPHEREx yang ditargetkan untuk memetakan 450 juta galaksi dan 100 juta bintang secara detail. Foto/Space/JPL NASA
FLORIDA - NASA membangun teleskop luar angkasa SPHEREx yang ditargetkan untuk memetakan 450 juta galaksi dan 100 juta bintang secara detail di galaksi. Misi baru NASA ini bertujuan memetakan langit dengan detail dan warna yang belum pernah ada sebelumnya.

Pembangunan SPHEREx, sebuah observatorium berbasis ruang angkasa, akan memetakan lebih dari 450 juta galaksi selain 100 juta bintang, pada 96 pita warna dalam rentang inframerah spektrum elektromagnetik. Menurut ilmuwan Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, selama masa operasi yang direncanakan selama dua tahun, SPHEREx akan memetakan seluruh langit, menghasilkan dua peta dalam setahun.

Para ilmuwan di JPL telah merakit teleskop dalam beberapa bulan terakhir, menggabungkan berbagai komponennya menjadi bentuk akhir. SPHEREx, setelah selesai, akan dijadwalkan untuk diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9 paling lambat Juni 2024.

“Teleskop luar angkasa SPHEREx milik NASA mulai terlihat seperti ketika tiba di orbit Bumi dan mulai memetakan seluruh langit,” keterangan JPL dikutip SINDOnews dari laman Space, Rabu (15/11/2023).

Nama SPHEREx, Specto-Photometer for the History of the Universe, Epoch of Reionization, dan Ices Explorer, diambil untuk menggambarkan tiga misi utama yang hendak dicapai. Tiga misi sains observatorium ini akan mengamati tiga periode utama masa hidup alam semesta.

Di alam semesta terdekat, misi SPHEREx akan mencari bukti adanya air dan molekul lain, seperti karbon monoksida, di piringan sekitar pembentuk bintang di galaksi kita. Molekul-molekul ini, yang penting bagi asal mula kehidupan seperti yang kita kenal, akan ada dalam bentuk es di dalam sistem ini.

Lebih jauh lagi di alam semesta yang sangat jauh, SPHEREx akan mempelajari kapan pembentukan bintang dan galaksi pertama kali dimulai dan Zaman Reionisasi. Ini adalah masa ketika bintang dan galaksi pertama memancarkan energi yang cukup untuk mengionisasi setiap atom hidrogen di alam semesta.

Namun, beberapa orang mungkin menganggap teleskop berbentuk kerucut ini terlihat agak aneh. Kerucut memiliki tujuan yang sangat penting, untuk melindungi teleskop dari panas, atau radiasi infra merah.

Teleskop utama SPHEREx dilindungi oleh tiga kerucut yang bersarang. “Ini adalah kerucut ketenaran SPHEREx!” kata Beth Fabinsky, Wakil Manajer Proyek SPHEREx.

Tanpa pelindung ini, SPHEREx akan dibutakan oleh panas dari bumi, matahari, dan teleskop itu sendiri. Selain itu, untuk melakukan pengamatan, teleskop itu sendiri perlu didinginkan hingga suhu minus 210 derajat Celcius.

Hal ini memungkinkan SPHEREx untuk memantau alam semesta dengan inframerah yang sangat redup dan sangat jauh. Dia akan melihat 96 panjang gelombang cahaya yang tepat untuk menghasilkan petanya dalam sebuah teknik yang disebut spektroskopi.