Starship SpaceX yang Dirancang Membawa 100 Orang ke Mars Diluncurkan Hari Ini

Jum'at, 17 November 2023 - 13:38 WIB
loading...
Starship SpaceX yang Dirancang Membawa 100 Orang ke Mars Diluncurkan Hari Ini
Peluncuran roket Starship dalam uji coba perdana, beberapa waktu lalu. (Foto: AP)
A A A
JAKARTA - Roket Starship SpaceX yang dirancang membawa 100 orang ke Mars akan diluncurkan pada hari ini, Jumat (17/11/2023) dari Starbase di Texas.

Peluncuran ini merupakan bagian dari uji coba kedua, setelah perusahaan Elon Musk itu mendapat izin dari Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat.

"Starship adalah roket terkuat yang pernah dibuat, dirancang membawa 100 orang ke Mars. Dijadwalkan diluncurkan pada Jumat pukul 8 pagi ET,” ujar Walter Isaacson, penulis biografi Elon Musk, dikutip dari Live Mint.



Suara keras selama roket tersebut mengudara dipastikan akan terdengar selama proses uji coba. Uji coba pertama SpaceX untuk mengirim Starship ke luar angkasa pada bulan April lalu tidak berjalan mulus.

Starship berhasil lepas landas dari landasan peluncuran di Texas, tetapi mengalami kegagalan mesin saat naik ke langit. Roket tersebut kemudian gagal terpisah sesuai rencana dan mulai berputar tak terkendali, memaksa SpaceX meledakkannya .



Starship , roket terbesar dan terkuat yang pernah dikembangkan, merupakan kunci bagi ambisi Elon Musk untuk membawa muatan dan orang ke Bulan dan Mars serta tujuan lain di luar angkasa.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)