Roket Raksasa Starship SpaceX Dimata-matai Satelit Airbus

Jum'at, 13 Januari 2023 - 14:49 WIB
loading...
Roket Raksasa Starship SpaceX Dimata-matai Satelit Airbus
Roket Starship yang berukuran raksasa milik SpaceX sudah siap diluncurkan untuk melakukan uji orbit pertamanya. Foto/Airbus/SpaceX/Twitter
A A A
TEXAS - Roket Starship yang berukuran raksasa milik SpaceX sudah siap diluncurkan untuk melakukan uji orbit pertamanya. Roket terbesar yang pernah dibuat sudah berada di situs Starbase SpaceX dekat kota Brownsville di Texas Selatan dan terpantau dari luar angkasa oleh satelit Airbus.

SpaceX sudah menyusun tumpukan pesawat ruang angkasa Ship 24 di atas roket Booster 7 tahap pertama pada kendaraan Starship. Dua Ship 24 dan Booster 7 memiliki tinggi sekitar 120 meter, menjadikannya lebih besar dari roket bulan Saturn V NASA yang ikonik.

Bahkan lebih besar dari Sistem Peluncuran Luar Angkasa (Space Launch System) baru dari NASA, yang baru-baru ini mengirimkan misi bulan Artemis 1. Jadi roket Starship cukup besar untuk terlihat dari orbit oleh satelit bermata tajam, seperti yang ditunjukkan oleh citra baru.

Baca juga; Prototipe Roket Starship SpaceX SuksesTerbang dan Mendarat dengan Selamat

“Hei Starship, kami mengawasimu dari luar angkasa!” tulis raksasa kedirgantaraan Eropa, Airbus melalui tweeted pada Kamis 12 Januari 2023. Dalam posting itu menyertakan foto susunan Starship yang diabadikan oleh satelit Pléiades Neo perusahaan.

Airbus saat ini mengoperasikan dua pesawat ruang angkasa Pléiades Neo Earth-imaging, yang mampu menangkap fitur sekecil 30 sentimeter dari tempatnya di orbit rendah Bumi. Dua satelit Pléiades Neo lainnya seharusnya beroperasi pada Desember 2022, tetapi hilang ketika roket Arianespace Vega C gagal saat lepas landas.

SpaceX men-tweet citra luar biasa dari Starship yang baru disusun pada hari yang sama. Bidikan ini, diambil dari jarak yang lebih dekat ke tanah. Tampak kendaraan yang dibuat dari baja tahan karat dan menara peluncuran "Mechazilla" yang besar menyeruak di antara awan yang menyelimuti Starbase di Teluk Meksiko.
Roket Raksasa Starship SpaceX Dimata-matai Satelit Airbus


SpaceX sedang mempersiapkan Ship 24 dan Booster 7 untuk penerbangan uji orbit yang pertama untuk kendaraan Starship. “Uji coba penting ini dapat diluncurkan paling cepat akhir Februari,” kata pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk.

Baca juga; SpaceX Siap Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Starship untuk Penerbangan Orbit Pertama

Penerbangan uji orbit akan menjadi peluncuran Starship pertama dalam hampir dua tahun. Peluncuran Starship terbaru melibatkan prototipe tahap atas tiga mesin yang disebut SN15. Roket ini terbang sekitar 10 kilometer ke langit Texas pada Mei 2021 dan mendarat kembali.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1795 seconds (11.210#12.26)