Korea Utara Klaim Berhasil Kirim Satelit Mata-mata ke Orbit

Kamis, 23 November 2023 - 18:37 WIB
loading...
Korea Utara Klaim Berhasil Kirim Satelit Mata-mata ke Orbit
Media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa negara tersebut telah berhasil menempatkan satelit mata-mata pertamanya ke orbit. Foto/Taiwan News
A A A
PYONGYANG - Media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa negara tersebut telah berhasil menempatkan satelit mata-mata pertamanya ke orbit. Peluncuran ini menandai upaya ketiga Korea Utara untuk menempatkan satelit pengawasan pertamanya di orbit.

Berita tentang peluncuran satelit tersebut tersiar ketika pejabat pemerintah Korea Selatan dan Jepang mengeluarkan peringatan bahwa sebuah roket telah diluncurkan ke arah Jepang pada Selasa 21 November 2023. Peringatan ini memicu uoaya untuk berlindung di tempat di seluruh pulau Okinawa.

Reuters mengutip laporan kantor berita Korea Utara KCNA mengatakan, satelit Malligyong-1 memasuki orbit pada pukul 22:54 waktu setempat. “Peluncuran satelit pengintaian adalah hak sah (Korea Utara) untuk memperkuat kemampuan pertahanan diri,” keterangan KCNA dikutip Reuters.



Amerika Serikat mengecam peluncuran tersebut dan mendesak mitra dan sekutu internasionalnya untuk melakukan hal yang sama. Sebab, peluncuran tersebut melibatkan teknologi yang mendukung program rudal balistik antarbenua negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih menulis bahwa peluncuran tersebut merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB, meningkatkan ketegangan, dan berisiko mengganggu stabilitas situasi keamanan di kawasan dan sekitarnya.

Jika benar, peluncuran tersebut menandai upaya ketiga Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir untuk menempatkan satelit mata-mata pertamanya di orbit. Dua percobaan pertama gagal, dan pemerintah Korea Selatan mengklaim telah menarik puing-puing dari laut yang terkait dengan peluncuran tersebut.

Menyusul dua peluncuran yang gagal tersebut, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas bagaimana kedua negara dapat bekerja sama dalam upaya penerbangan luar angkasa, termasuk berbagi teknologi roket.



Laporan Korea Utara mengatakan negara tersebut berencana meluncurkan lebih lanjut satelit pengawasan tambahan untuk membantu mengawasi Korea Selatan. Begitu sebaliknya, Korea Selatan dilaporkan berencana mengirim satelit mata-mata pertamanya ke orbit bulan dengan roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)