Ini Alasan Ilmiah Ada Maniak Bola di Dunia

Kamis, 23 November 2023 - 21:00 WIB
loading...
Ini Alasan Ilmiah Ada Maniak Bola di Dunia
Banyak orang sangat mencintai tim sepak bola tertentu hingga menjadi maniak bola. (Foto: Metro)
A A A
JAKARTA - Sebagian orang tidak dapat memahami mengapa beberapa orang sangat mencintai tim sepak bola tertentu hingga menjadi maniak bola .

Para ilmuwan di Chile yang penasaran meneliti bagian-bagian berbeda dari otak para penggemar sepak bola diaktifkan saat timnya mencetak atau kebobolan gol. Saat kekalahan terjadi juga menghambat pusat otak yang mengatur kontrol, meningkatkan kemungkinan perilaku kekerasan.

Para peneliti mengatakan, temuan ini bisa diperluas ke luar fanatisme olahraga ke dalam bidang lain dalam kehidupan, seperti politik.

"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang perilaku dan dinamika yang terkait dengan persaingan ekstrem, agresi, dan afiliasi sosial dalam dan antara kelompok fanatik," kata penulis utama Dr. Francisco Zamorano Mendieta dikutip dari Metro, Kamis (23/11/2023).



Untuk lebih memahami bagaimana dan mengapa penggemar sepak bola bereaksi seperti itu terhadap kemenangan dan kekalahan tim mereka, para peneliti merekrut 43 relawan pria yang mendukung dua tim paling populer di Chile yang merupakan rival bebuyutan.

Pertama, peserta mengisi survei untuk menentukan skor fanatisme sepak bola dan menjalani evaluasi psikologis. Kemudian, mereka menonton kompilasi pertandingan yang berisi 63 gol sambil mengukur aktivitas otak mereka menggunakan fMRI (functional MRI).

Hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas otak berubah tergantung pada apakah tim penggemar mencetak atau kebobolan gol. "Ketika tim mereka menang, sistem hadiah di otak diaktifkan," kata Dr. Zamorano. Ketika mereka kalah, jaringan mentalisasi bisa diaktifkan, membawa penggemar ke keadaan introspeksi, ini mungkin meredakan sebagian dari rasa sakit kekalahan.

Para peneliti juga mengamati hambatan pada pusat otak yang menghubungkan sistem limbik dengan korteks frontal, menghambat mekanisme yang mengatur kontrol dan meningkatkan kemungkinan terjerumus ke dalam perilaku gangguan atau kekerasan.

Temuan ini juga mungkin memberikan pencerahan di luar ranah sepak bola dan ke dalam kehidupan sehari-hari. "Manusia secara inheren menginginkan hubungan sosial, baik melalui keanggotaan dalam klub lari, partisipasi dalam kelompok diskusi buku, atau keterlibatan dalam forum virtual," kata Dr. Zamorano.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)