Memahami Suara Ikan Paus Diyakini Pintu Masuk Mempelajari Bahasa Alien

Senin, 27 November 2023 - 11:37 WIB
loading...
Memahami Suara Ikan Paus Diyakini Pintu Masuk Mempelajari Bahasa Alien
Ikan paus kerap mengeluarkan suara-suara yang aneh dan misterius. Suara-suara yang dihasilkan ikan paus memang bikin banyak orang penasaran. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Para peneliti yakin memahami suara ikan paus yang unik bisa jadi pintu masuk untuk mempelajari bahasa alien. Bagaimana ceritanya?

Ikan paus kerap mengeluarkan suara-suara yang aneh dan misterius. Suara-suara yang dihasilkan ikan paus memang bikin banyak orang penasaran. Berbeda dengan suara hewan-hewan lainnya, suara yang dibuat oleh ikan paus justru benar-bener mencurigakan.

Dari situlah para peneliti tergerak untuk mencari tahu makna sebenarnya dari suara-suara ikan paus. Dilansir Discover Magazine, Senin (27/11) ini para peneliti malah yakin memhami suara ikan paus merupakan pintu masuk untuk berkomunikasi dengan makhluk asing yang ada di luar angkasa, alien.

Para peneliti dri Cetacean Translation Initiative (CETI) bahkan sudah menjadikan paus sebagai objek penelitian utama. Mereka melihat paus memiliki budaya dan kecerdasan yang mirip dengan manusia dibandingkan hewan lainnya.

"Ikan paus sangat menarik untuk mencari tahu makna dari komunikasi yang tidak diproduksi manusia," jelas David Gruber, pendiri CETI.

Laurence Doyle dari Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI) mengatakan ikan paus merupakan kelompok hewan yang kompleks dan cerdas.

Memahami Suara Ikan Paus Diyakini Pintu Masuk Mempelajari Bahasa Alien

Ikan paus berkomunikasi bukan melalui ekspresi wajah dan gerak tubuh, namun dengan mengirimkan sinyal melalui lautan. Foto: ist

Cara itu bisa dianalogikan dengan kemungkinan manusia mengirimkan pesan melintasi ruang angkasa. Dari situlah Laurence Doyle menyadari bahwa mempelajari komunikasi paus dapat mengajarkan manusia banyak hal tentang bagaimana berkomunikasi atau mengirimkan pesan ke alien.

Saat ini disebutkan Discover Magazine, Laurence Doyle dan rekan-rekannya tengah berupaya meneliti suara-suara dari ikan paus. Proses itu kemudian akan digabungkan dengan teori informasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kompleksitas suara, aturan, dan pola dari suara paus.



"Upaya ini tentu bukan unutk menerjemahkan apa yang dikatakan ikan paus. Tapi ini bisa membantu kita memahami jenis kecerdasan lain dan cara komunikasi yang berbeda," jelas Laurence Doyle.

Setidaknya menurut Discover Magazine upaya yang dilakukan Laurence Doyle bisa menjadi persiapan yang sangat berharga untuk berkomunikasi secara damai dengan makhluk cerdas di tempat lain yang tinggaldigalaksi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)