5 Fakta Unik Pentagon, Gedung Perkantoran Terbesar di Dunia

Rabu, 29 November 2023 - 10:05 WIB
loading...
5 Fakta Unik Pentagon, Gedung Perkantoran Terbesar di Dunia
Pentagon adalah markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang terletak di Arlington County, Virginia. (Foto: US Air Force)
A A A
JAKARTA - Pentagon dikenal sebagai markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang terletak di Arlington County, Virginia. Tepat berada di seberang sungai Potomac dari Washington, DC, Pentagon dibangun selama Perang Dunia II dari September 1941 hingga Januari 1943.

Gedung Pentagon memiliki pola arsitektur unik dengan bangunan lima sisi mengikuti lima pantai di sekitarnya. Namun, jarang yang tahu ada lima hal unik tentang Pentagon.

Berikut fakta unik Pentagon dikutip dari Wearethemighty, Rabu (29/11/2023).

1. Memiliki Banyak Restoran


Pentagon menampung lebih dari 20.000 pegawai militer sipil Departemen Pertahanan, dan sipil non pertahanan. Untuk memenuhi asupan makan pegawainya, manajemen Pentagon memiliki beragam restoran yang biasa ditemukan di area pangkalan militer. Faktanya, Subway menjadi restoran dalam kawasan Pentagon dengan pendapatan kotor tertinggi. Tempat makan populer lainnya di Pentagon, seperti Dunkin Donuts dan Popeyes.


2. Gedung Perkantoran Terbesar


Untuk menyediakan ruang bagi lebih dari 20.000 orang untuk bekerja, Pentagon mencakup wilayah yang sangat luas. Kantor ini memiliki luas 1,1 juta meter persegi dan 67 hektare areal parkir. Atapnya berdiri setinggi 23,5 meter dan koridor interiornya membentang sejauh 32,4 kilometer. Pentagon memiliki luas total 1,98 juta kaki persegi, dan menjadikannya gedung perkantoran terbesar berdasarkan total luas terbesar kedua di dunia.

3. Kamar Mandi Terpisah


Seperti disebutkan, sebelumnya Pentagon dibangun selama Perang Dunia II. Pada saat itu, negara bagian Virginia meberlakukan undang-undang segregasi rasial yang wewajibkan fasilitas makan dan toilet terpisah bagi orang kulit putih dan kulit hitam. Meskipun Gubernur Virginia Colgate Darden memprotes, Roosevelt berpendapat bahwa kendali federal atas Pentagon menggantikan hukum negara bagian. Hasilnya, Pentagon dibuka sebagai satu-satunya gedung tidak terpisah di Virginia.



4. Kode pos DC di Virginia


Diadopsi pada 1963, ada kode zonasi memandu surat ke tujuannya. Tiga angka pertama mengarahnya ke fasilitas regional, sedangkan dua angka terakhir menunjukan kantor pos pengiriman tertentu. Di bawah yurisdiksi federal, Pentagon menggunakan kode pos khusus untuk Menhan (20301), Kepala Staf Gabungan (20318). Angkatan Darat (20310), Angkatan Udara (20330), dan Angkatan Laut (20350).

5. DMV Virginia


Bekerja di lingkungan yang serba cepat seperti Pentagon, mungkin sulit menemukan waktu untuk pergi ke Department of Motor Vehicles (DMV). Untungnya, karyawan Pentagon memiliki akses eksklusif ke fasilitas DMV di dalam gedung. Berlokasi di Room 2C1049, DMV Virginia ini buka dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00-16.00.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)