Arab Saudi Bangun Kota Futuristik dengan Mobil Terbang

Sabtu, 02 Desember 2023 - 21:24 WIB
loading...
Arab Saudi Bangun Kota Futuristik dengan Mobil Terbang
Epicon berwujud dua gedung pencakar langit dengan puncak runcing. (Foto: GBNews)
A A A
JAKARTA - Tak hanya Indonesia yang memiliki proyek ambisius IKN, Arab Saudi juga tengah merencanakan hal serupa dengan membangun kota masa depan. Kota ini akan berhias gedung-gedung tertinggi di dunia dan mobil terbang.

Kota pesisir futuristik itu bernama Epicon berlokasi di barat laut Arab Saudi tepatnya di sepanjang Teluk Aqaba. Epicon berwujud dua gedung pencakar langit dengan puncak runcing.

Destinasi yang menjulang tinggi ini akan menjadi rumah bagi 41 hotel dan hunian mewah, menawarkan 14 suite dan apartemen hotel. Dilansir dari GBNews, Sabtu (12/2/2023), Epicon juga akan menawarkan klub pantai, spa, berbagai kegiatan rekreasi, dan olahraga air.

Juru bicara agensi pers Arab Saudi menyatakan tamu dan penduduk Epicon akan mendapatkan pengalaman luar biasa. Kabar yang beredar, proyek kota Epicon akan menghabiskan dana sekirat £1 triliun.



Belakangan Arab Saudi tengah gencar mewujudkan rencana ambisius membangun tempat-tempat istimewa. Salah satu tujuannya untuk beralih dari ketergantungan pada minyak dan menjadi tujuan wisata dan komersial.

Sejumlah rencana ambisius telah diumumkan oleh Arab Saudi selama setahun terakhir dengan perkiraan menghabiskan lebih dari USD175 miliar setiap tahun untuk proyek besar antara 2025 dan 2028, dengan sekitar USD1,3 triliun proyek besar yang sedang dalam pengerjaan.

Salah satu proyek besar Arab Saudi adalah proyek Neom senilai USD500 miliar. Kota baru ini akan berlokasi di perbatasan Yordania dan Mesir. Rencananya kota ini akan mulai beroperasi pada 2025. Kota ini dibangun dari nol, ditenagai oleh tenaga surya dan angin dan ukurannya 17 kali lebih besar dari London serta diproyeksikan menjadi pusat pengembangan robotika.



Hal paling menonjol tentang Kota Neom adalah megastruktur The Line, bangunan berlapis kaca sepanjang 110 mil, setinggi 500 meter, dan lebar 200 meter yang akan menghubungkan Neom dengan bagian lain dari kerajaan Arab Saudi.

Proyek lain yang diumumkan kerajaan Arab Saudi adalah Leyja, kompleks hotel yang dipahat ke dinding kanyon raksasa. Destinasi ini dikabarkan akan segera beroperasi pada 2024. Dikabarkan tempat ini memiliki tiga hotel canggih dengan 120 kamar mewah. Destinasi ini akan memiliki fasad cermin berteknologi tinggi yang mencerminkan keindahan alam dan dinding lembah serta kolam renang raksasa di atap.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)