Makam Kuno Berusia Ribuan Tahun Penuh Harta Karun Ditemukan di China

Kamis, 07 Desember 2023 - 14:42 WIB
loading...
Makam Kuno Berusia Ribuan Tahun Penuh Harta Karun Ditemukan di China
Makam kuno dari dinasti Han Barat di China berisi ratusan harta karun bernilai tinggi. (Foto: Xinhua)
A A A
JAKARTA - Para arkeolog menemukan makam kuno dari dinasti Han Barat di China berisi ratusan harta karun bernilai tinggi. Harta karun tersebut tak tersentuh selama lebih dari 2.100 tahun.

Makam tersebut ditemukan oleh para arkeolog dari Institut Relik Budaya dan Arkeologi Chongqing. Makam tersebut dikenal sebagai Makam Guankou Han Barat Nomor 1.

Dilansir dari Miami Herarld, Kamis (7/12/2023), para ahli mengatakan makam tersebut adalah temuan paling menarik dalam koleksi pemakaman dari Dinasti Han dan Enam Dinasti pada periode 206 SM hingga 220 M. “Di dalam makam, arkeolog menemukan lebih dari 600 artefak yang terawat dengan baik," kata pejabat setempat.



Di antara artefak tersebut adalah barang-barang dari kayu, barang-barang bambu, potongan-potongan tembikar, perunggu, dan tekstil.

Ada juga pedang giok di dalam pemakaman, yang menunjukkan pemilik makam adalah pejabat tinggi yang menduduki posisi penting.



Makam tersebut diperkirakan berasal dari sekitar tahun 193 SM. Paruh pertama periode Dinasti Han disebut sebagai Dinasti Han Barat. Selama periode ini, ibu kota dinasti berada di Chang'An, yang berjarak sekitar 430 kilometer di timur laut dari tempat makam ditemukan. Han adalah kekaisaran terlama dalam sejarah China.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3411 seconds (0.1#10.140)