Mengenal Point Nemo, Titik Terpencil Bumi yang Jadi Kuburan Pesawat Luar Angkasa

Sabtu, 16 Desember 2023 - 06:40 WIB
loading...
Mengenal Point Nemo, Titik Terpencil Bumi yang Jadi Kuburan Pesawat Luar Angkasa
Point Nemo adalah titip terpencil di bumi yang digunakan untuk membuang pesawat luar angkasa yang sudah purna tugas. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hingga saat ini masih banyak rahasia yang tersimpan di lautan luas, salah satunya sebuah lokasi yang sering disebut sebagai Point Nemo . Lokasi tersebut sering dikenal sebagai tempat yang paling jauh dan terpencil di bumi.

Karena letaknya paling jauh di muka bumi ini, tempat tersebut juga kerap akan digunakan sebagai sarang dan kuburan bangkai pesawat luar angkasa. Bahkan stasiun ISS milik NASA juga akan diistirahatkan di tempat tersebut.

Mengenal Point Nemo
Mengenal Point Nemo, Titik Terpencil Bumi yang Jadi Kuburan Pesawat Luar Angkasa

Point Nemo merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut lokasi paling terpencil di bumi, yaitu titik di samudra yang paling jauh dari daratan. Point Nemo juga dikenal sebagai “Kutub ketidaktersediaan samudra”, yang memiliki koordinat 48°52.6′S 123°23.6′W.

Nama point Nemo berasal dari bahasa Latin yang berarti “tidak ada orang” dan juga merujuk pada karakter fiksi Kapten Nemo, seorang nakhoda kapal selam yang menjelajah lautan dalam novel karya Jules Verne, Twenty Thousand Leagues Under the Seas.

Dilansir dari laman allthatsinteresting, lokasi Point Nemo sendiri baru ditemukan pada tahun 1992 oleh seorang surveyor Kroasia-Kanada bernama Hrvoje Lukatela dengan menggunakan program komputer geospasial.

Mengenal Point Nemo, Titik Terpencil Bumi yang Jadi Kuburan Pesawat Luar Angkasa

Point Nemo tidak berpenghuni.

Point Nemo adalah tempat yang sangat sepi dan tidak berpenghuni. Jika Anda tersesat di point Nemo, Anda tidak akan menemukan manusia lain dalam radius lebih dari 2.700 km. Bahkan, orang terdekat yang bisa Anda temui adalah para astronot yang tinggal di stasiun luar angkasa (ISS) sejauh 400 km di atas atmosfer bumi.

Wilayah Point Nemo juga tidak ramah bagi kehidupan laut. Lokasi ini terletak di dalam South Pacific Gyre, sebuah arus berputar besar yang mencegah air kaya nutrisi mengalir ke daerah tersebut. Tanpa sumber makanan, hampir tidak ada makhluk hidup yang bisa bertahan di bagian samudra ini.

Karena sifatnya yang terisolasi dan tidak berbahaya, point Nemo dimanfaatkan sebagai lokasi pembuangan bangkai-bangkai pesawat luar angkasa. Salah satunya adalah stasiun ruang angkasa MIR milik Rusia yang pada tahun 2001 telah selesai masa aktifnya dijatuhkan tepat pada titik point Nemo berada.

Mengenal Point Nemo, Titik Terpencil Bumi yang Jadi Kuburan Pesawat Luar Angkasa

Point Nemo letaknya sangat jauh dan terpencil. Foto: Google Maps

Meskipun point Nemo terlihat seperti tempat yang suram dan membosankan, point Nemo sebenarnya memiliki keindahan tersendiri. Point Nemo adalah salah satu tempat di bumi yang paling dekat dengan langit, karena jaraknya yang sangat jauh dari polusi cahaya dan gangguan atmosfer.



Jika berada langsung di wilayah point Nemo, Anda bisa melihat bintang-bintang dengan sangat jelas dan mungkin juga melihat fenomena luar angkasa yang jarang terlihat di tempat lain.

Adanya Point Nemo tentu menjadi sebuah bukti bahwa bumi masih menyimpan banyak misteri dan tantangan yang belum terpecahkan. Point Nemo juga mengajarkan kita untuk menghargai keragaman dan keunikan yang adadiplanetini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)