Batu Kuno Berbentuk Belalai Gajah Ambruk Terkikis Erosi Air Laut

Selasa, 19 Desember 2023 - 15:15 WIB
loading...
Batu Kuno Berbentuk Belalai Gajah Ambruk Terkikis Erosi Air Laut
Batu Kuno Berbentuk Belalai Gajah Ambruk. FOTO/ New Taipei
A A A
TAIPE - Batu Belalai Gajah yang terletak di Kabupaten Ruifang, Kota New Taipei, Taiwan. ambruk ke laut akibat terkikis ombak dan cuaca. Batu ini menjadi cagar budaya sangat populer.



Batuan yang mendapat namanya karena kondisi fisiknya yang menyerupai belalai gajah ini sudah lama terancam erosi. Tempat ini telah ditutup untuk pengunjung sejak 2010.

Profesor Departemen Geosains Universitas Nasional Taiwan, Shen Chuan-chou, mengatakan keruntuhan batuan tersebut terjadi secara alami karena terus menerus dipengaruhi oleh air laut dan angin.

Batu Belalai Gajah mengalami kerusakan yang signifikan. Bagian bawah batu runtuh, menyebabkan sebagian dari belalai gajah terbelah. Kerusakan ini diduga disebabkan oleh erosi yang diperparah oleh aktivitas wisatawan.

Pemerintah Kabupaten Ruifang telah melakukan penyelidikan untuk mencari tahu penyebab kerusakan Batu Belalai Gajah.

Seperti dilansir dari The Times of India, Selasa (19/12/2023), hasil penyelidikan menunjukkan bahwa kerusakan tersebut disebabkan oleh erosi yang diperparah oleh aktivitas wisatawan. Aktivitas wisatawan yang menyebabkan kerusakan antara lain:

Aktivitas-aktivitas tersebut telah menyebabkan terjadinya abrasi pada batu. Abrasi ini semakin diperparah oleh erosi yang disebabkan oleh air laut dan angin.

Akibat kerusakan tersebut, Batu Belalai Gajah ditutup untuk umum. Pemerintah Kabupaten Ruifang akan melakukan perbaikan pada batu tersebut. Setelah perbaikan selesai, Batu Belalai Gajah akan dibuka kembali untuk umum.

Batu Belalai Gajah merupakan salah satu cagar budaya di Taiwan. Kerusakan yang terjadi pada batu ini merupakan kerugian bagi bangsa Taiwan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)