China Ciptakan Robot Humanoid, Diklaim Sebagai yang Terkuat di Dunia

Rabu, 20 Desember 2023 - 17:00 WIB
loading...
China Ciptakan Robot Humanoid, Diklaim Sebagai yang Terkuat di Dunia
Perusahaan robotik asal China, Unitree Robotics berhasil menciptakan robot humanoid terkuat di dunia. Foto/Unitree Robotic
A A A
JAKARTA - Perusahaan robotik asal China , Unitree Robotics berhasil menciptakan robot humanoid terkuat di dunia. Robot yang diberi nama H1, disebut sebagai prestasi teknik dan inovasi yang menakjubkan.

Dikutip dari laman Fox News, Rabu (20/12/2023), Unitree Robotics mengatakan bahwa H1 adalah robot serba guna yang punya kemampuan di atas rata-rata. Robot ini dapat berlari, melompat, hingga menaiki tangga.

H1 merupakan robot bipedal yang tingginya 5 kaki 11 inci (1,8 meter) dan berat 100 pon (45,3 kg). Robot dengan wujud seperti manusia ini memiliki powertrain canggih yang memberikan tingkat kecepatan, tenaga, kemampuan manuver, dan fleksibilitas tinggi.



Robot ini dapat berjalan dengan kecepatan yang sama dengan manusia, sekitar 3,4 mph (5,5 km/jam), memiliki sensor LiDAR 3D dan kamera kedalaman untuk penglihatannya, serta dapat menahan tendangan dan dorongan tanpa kehilangan keseimbangan.

Segudang fitur canggih dan kekuatannya ini menjadi modal utama H1 untuk bisa bertahan di lingkungan sekitar serta mampu menghindari rintangan. H1 bukan sekedar prototipe. Ini adalah robot yang berfungsi penuh yang dapat melakukan berbagai tugas, seperti membawa benda, membuka pintu, dan bahkan menari. Dia juga dapat berkomunikasi dengan manusia.

Robot ini dirancang agar dapat beradaptasi dan disesuaikan, dengan komponen modular yang dapat dengan mudah diganti atau ditingkatkan. Perusahaan berencana untuk segera menambahkan tangan ke robot tersebut, yang akan semakin meningkatkan kemampuannya.

Robot H1 rencananya akan dibanderol USD150.000 atau sekitar Rp2,3 miliar, jauh lebih murah dari robot humanoid Atlas Boston Dynamics, yang harganya sekitar USD1 juta atau Rp15 miliar. Harga yang ditawarkan sesuai dengan visi perusahaan yang ingin robot lebih mudah dimiliki seperti smartphone atau drone.



Tapi saat ini robot H1 belum dapat dipesan karena perusahaan sendiri belum resmi meluncurkannya. Meskipun begitu muncul rumor bahwa robot akan segera tersedia di tahun 2024 mendatang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)