Tamasya di Taman, Pria Ini Temukan Berlian

Sabtu, 23 Desember 2023 - 17:14 WIB
loading...
Tamasya di Taman, Pria Ini Temukan Berlian
Batu permata yang ditemukan di Taman Crater of Diamonds. (Foto: Arkansas State Parks)
A A A
JAKARTA - Pria dari Arkansas, Amerika Serikat, menemukan batu permata seberat 4,87 karat saat bertamasya di taman. Ia pun menamainya, Berlian Evans.

Jerry Evans, warga Lepanto, Arkansas, menemukan permata tersebut selama kunjungan musim semi 2023 bersama pacarnya. Dari laman The Messengers, Sabtu (23/12/2023), awalnya ia mengira batu berkilau itu sepotong kaca."Saya pikir mungkin itu sepotong kaca, begitu jernih. Saya benar-benar tidak tahu," kata Evans.

Rasa ingin tahu membuatnya mengirim batu tersebut ke Gemological Institute of America untuk diidentifikasi. Beberapa minggu kemudian, dia mendengar sepotong kaca itu ternyata diidentifikasi sebagai berlian yang hampir tak berwarna. Berlian ini berukuran sebesar permen jellybean dan berbentuk piramida.

"Ketika mereka menelepon dan memberi tahu saya bahwa itu asli, saya sangat senang!" kenang Evans dengan gembira.



Setelah membaca artikel tentang penemuan di taman yang sama pada 1990an, putra Evans mendorongnya untuk menghubungi Taman Negara Crater of Diamonds tentang penemuannya.

“Meskipun saya mendapatkan banyak email dari orang-orang yang ingin saya identifikasi sesuatu yang mereka temukan di sini, menurut ingatan saya, ini adalah pertama kalinya seseorang menghubungi saya setelah mereka menemukan berlian yang diidentifikasi oleh GIA,” kata Asisten Superintendent Taman Waymon Cox.

Ia pun memberi nama batunya sesuai nama keluarganya, berlian Evans. Berlian warga Arkansas ini penemuan terbesar yang terdaftar di taman sejak penduduk Maumelle, Kevin Kinard, menemukan berlian seberat 9,07 karat pada Hari Buruh 2020.

"Berlian Evans luar biasa untuk dilihat. Ini adalah kristal lengkap dengan warna putih yang cerah, mengingatkan pada banyak berlian putih besar lainnya yang pernah saya lihat dari sini," kata Cox.



Saat ini telah terdaftar 798 berlian di Taman Negara Crater of Diamonds pada tahun 2023, dengan total lebih dari 125 karat. Rata-rata satu hingga dua berlian ditemukan oleh pengunjung taman setiap hari.

Menurut Taman Negara Arkansas, lebih dari 75.000 berlian telah ditemukan di Crater of Diamonds. Berlian pertama kali ditemukan oleh John Huddleston, seorang petani yang memiliki tanah itu sebelum menjadi taman negara pada 1972. Berlian terbesar yang ditemukan di Amerika Serikat pada 1924 selama operasi pertambangan awal di tanah yang kemudian menjadi taman negara.

Taman Negara Crater of Diamonds adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana masyarakat dapat mencari berlian asli di sumber vulkanik aslinya. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore, kecuali pada Hari Tahun Baru, Hari Thanksgiving, sore Hari Natal, dan Hari Natal.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3586 seconds (0.1#10.140)