Bisakah Bumi Dilubangi sampai Tembus? Ini Jawabannya

Selasa, 26 Desember 2023 - 17:20 WIB
loading...
Bisakah Bumi Dilubangi sampai Tembus? Ini Jawabannya
Bisakah Bumi Dilubangi sampai Tembus? FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Secara teori, mungkin saja untuk mengebor lubang menembus Bumi dan keluar ke sisi lain. Namun, ada beberapa tantangan teknis yang harus diatasi agar hal ini dapat dilakukan.



Seperti idlansir dari IFL Science, salah satu tantangan terbesar adalah suhu yang ekstrem di dalam Bumi. Suhu di pusat Bumi diperkirakan mencapai 5.500 derajat Celcius. Suhu ini terlalu tinggi untuk sebagian besar bahan yang digunakan untuk pengeboran.

Tantangan lain adalah tekanan yang sangat tinggi di dalam Bumi. Tekanan di pusat Bumi diperkirakan mencapai 365 juta kali tekanan atmosfer di permukaan Bumi. Tekanan ini akan membuat lubang pengeboran runtuh.

Terlepas dari tantangan-tantangan ini, beberapa ilmuwan percaya bahwa pengeboran menembus Bumi dapat dilakukan. Salah satu proposalnya adalah untuk menggunakan teknik pengeboran yang disebut "directed drilling". Teknik ini menggunakan gelombang suara untuk mengarahkan ujung bor ke arah yang diinginkan.

Proposal lainnya adalah untuk menggunakan teknik pengeboran yang disebut "molten drilling". Teknik ini menggunakan cairan panas untuk melelehkan batu dan membuat lubang pengeboran.

Jika pengeboran menembus Bumi dapat dilakukan, hal ini akan memiliki implikasi yang signifikan bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan dapat menembus Bumi, kita akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang interior Bumi dan sumber daya alam yang ada di dalamnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)