Mumi dalam Kondisi Melahirkan Ditemukan dengan Kepala Bayi Terjebak di Pinggul

Selasa, 26 Desember 2023 - 23:05 WIB
loading...
Mumi dalam Kondisi Melahirkan Ditemukan dengan Kepala Bayi Terjebak di Pinggul
Mumi dalam Kondisi Melahirkan Ditemukan. FOTO/ IFL
A A A
JAKARTA - Para arkeolog Mesir mengumumkan penemuan sebuah mumi wanita yang diperkirakan meninggal saat melahirkan. Mumi tersebut ditemukan di sebuah situs pemakaman di kota Akhmim, Mesir Tengah.


Mumi tersebut ditemukan dalam sebuah makam yang tidak terjamah selama berabad-abad. Para arkeolog menemukan bahwa wanita tersebut berusia sekitar 20 tahun ketika meninggal.

Para peneliti menduga bahwa pembalsem mungkin tidak menyadari bahwa wanita tersebut hamil anak kembar dan oleh karena itu gagal mengeluarkan janin tersebut dari tubuhnya sebelum menjadikannya mumi.

“Pemeriksaan terhadap ibu dan anak-anaknya saat lahir menegaskan kembali betapa berbahayanya kehamilan dan persalinan, terutama selama periode ini,” tulis penulis penelitian seperti dilansir dari IFL Saince, Selasa (26/12/2023).

Mumi ini memiliki tinggi sekitar 150 cm dan memiliki rambut hitam panjang yang ditata dalam gaya khas Mesir kuno.

Pemeriksaan lebih lanjut terhadap mumi tersebut mengungkapkan bahwa wanita tersebut meninggal karena komplikasi saat melahirkan. Kepala bayinya terjebak di panggulnya, dan ia tidak dapat diselamatkan.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang kehidupan dan kematian wanita Mesir kuno. Ini juga menunjukkan bahwa komplikasi saat melahirkan adalah penyebab umum kematian pada wanita di masa itu.

Penemuan ini merupakan salah satu penemuan arkeologis paling menarik di Mesir dalam beberapa tahun terakhir. Ini membantu untuk mengisi kekosongan dalam pemahaman kita tentang kehidupan dan kematian wanita Mesir kuno.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)