Spesifikasi Roket RPO-A Shmel, Senjata Mematikan Andalan Rusia

Jum'at, 29 Desember 2023 - 17:37 WIB
loading...
Spesifikasi Roket RPO-A Shmel, Senjata Mematikan Andalan Rusia
Roket RPO-A Shmel Rusia kerap disebut dengan Bumblebee. (Foto: Military Today)
A A A
JAKARTA - Rusia terkenal dengan inovasi peralatan militernya, seperti roket. Produk andalannya yaitu roket RPO-A Shmel yang kerap disebut dengan Bumblebee.

Dilansir dari Military Today, Jumat (29/12/2023), spesifikasi roket RPO-A Shmel sebagai senjata termobarik portabel sangat andal. Roket produksi Tula atau yang kini lebih dikenal dengan KDB ini dirancang untuk memberikan pasukan infanteri alat penyeimbang melawan pasukan musuh yang bersembunyi di bangunan.

Klasifikasinya sebagai "Pembakar Api". RPO-A Shmel berfungsi sebagai peluncur roket mirip senjata seri RPG, tetapi tetap cocok untuk banyak misi yang memerlukan api. Maka, penggunaannya kerap untuk skuad pembakar api khusus, pasukan parasut, dan unit pasukan khusus.

Belum jelas sejak kapan Rusia pertama kali mengembangkan senjata termobarik. Awalnya mereka memiliki keraguan tentang roket pembakar api RPO Rys. Namun, pada awal 1980an mereka mulai melirik senjata termobarik yang lebih kompak sebagai solusi. Pengembangan RPO-A dimulai pada 1984 atau selama Perang Soviet-Afganistan. Penggunaan pertamanya oleh pasukan Soviet di Afghanistan pada 1988.

Spesifikasi roket RPO-A Shmel sangat mirip dengan RPO Rys sebelumnya. Roket ini berbentuk silinder, dengan hidung berbentuk kubah, empat sirip konformal trapesium yang meloncat keluar saat peluncuran. Keunikannya terletak pada motor roket tahap pertama terpisah yang menghasilkan cukup dorongan untuk mendorong roket, ditambah dengan motor pemelihara di dalam proyektil itu sendiri.



Tabung ini terutama terbuat dari fiberglass. Sementara braket, bidikan, dan kelompok pemicu terbuat dari baja. Pegangan depan dan pegangan pistol terbuat dari plastik padat, dan biasanya berwarna hitam. Tali yang biasanya dipasang pada RPO-A terbuat dari kanvas, dan memiliki bantalan bahu yang mencolok. Proyektil terutama terbuat dari aluminium dengan lapisan halus, meskipun penutup hidung dan rumah motor pemelihara tampaknya terbuat dari bahan mirip tembaga; motor pemelihara itu sendiri kemungkinan terbuat dari baja atau titanium. RPO-A dinilai untuk rentang suhu operasional −50 hingga +50 °C, tetapi memiliki umur simpan yang sangat pendek sekitar 10 tahun.

Bidikan terdiri dari bidikan depan berkerudung dan diopter belakang berkerudung. Bidikan dapat diatur untuk jarak 100 m hingga 600 m. Jarak efektif adalah 300 m, meskipun roket itu sendiri akan terbang hingga 1.000 m.

Roket RPO-A Shmel berukuran 93x700 mm terpasang dalam peluncur, dan keduanya dikeluarkan sebagai satu putaran amunisi tunggal. Ada tiga kepala peledak yang berbeda untuk roket ini, dan penunjukan peluncur berbeda tergantung pada jenis muatan apa yang disampaikannya; RPO-A mengandung hulu ledak termobarik yang telah disebutkan, RPO-D mengandung hulu ledak penghasil asap, sedangkan RPO-Z memiliki hulu ledak penghasil api.

Proyektil RPO-A membawa pengisi termobarik seberat 2,1 kg, yang dilepaskan sebagai awan diatomisasi oleh muatan pendahulu kecil yang menggunakan senyawa peledak tinggi konvensional. Dalam bentuk awan ini, pengisi utama sangat energetis dan mudah meledak, dan terbakar saat bersentuhan dengan udara itu sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)