4 Peluncur Granat (RPG) Terbaik Buatan Rusia, Mampu Hancurkan Kendaraaan Lapis Baja

Rabu, 28 September 2022 - 16:25 WIB
loading...
4 Peluncur Granat (RPG) Terbaik Buatan Rusia, Mampu Hancurkan Kendaraaan Lapis Baja
Terdapat sejumlah peluncur granat atau RPG terbaik buatan Rusia yang menakutkan. Foto DOK Rusia Beyond
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah peluncur granat atau RPG terbaik buatan Rusia yang menakutkan. Tidak tanggung-tanggung, peluncur granat tersebut mampu menembus kendaraan lapis baja.

RPG ini berfungsi sebagai senjata anti tank yang dapat meluncurkan sebuah roket atau hulu ledak menghancurkan kendaraan lapis baja.

Baca juga : Pegang Granat, Tentara Rusia Menakut-nakuti Warga Ukraina agar Menyerah

Dilansir dari laman science.howstuffworks.com, peluncur granat ini pada dasarnya merupakan pipa penstabil yang memiliki empat sirip di sekelilingnya dengan tambahan dua sirip di belakang dan berguna untuk meluncurkan amunisi yang akan dipasang di bagian ujung peluncur.

Berikut empat peluncur granat terbaik buatan Rusia :

1. Nr.2 RPG-28

Karena kurang puasnya Rusia terhadap kinerja RPG-27, RPG-28 ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan pendahulunya. Senjata ini mulai diadopsi prajurit Angkatan Darat pada tahun 2011.

RPG-28 memiliki diameter besar, dan merupakan senjata sekali pakai yang hanya bisa digunakan sekali. Amunisi senjata ini mampu menembus 900 mm armor. Sehingga dinilai efektif melawan tank lapis baja paling berat, seperti American M1A2 Abrams dan British Challenger 2 .

RPG-28 hanya dilengkapi dengan pemandangan flip-up sederhana dengan jangkauan penglihatan 300 meter. Meskipun ada juga kemampuan untuk memasang penglihatan optik untuk meningkatkan jangkauan.

Namun kelemahan paling signifikan dari senjata ini adalah ukuran dan beratnya. RPG-28 memiliki bobot rejan 13,5 kg dan panjang 1,2 m. Sehingga akan sulit dibawa oleh seorang prajurit.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1146 seconds (10.55#12.26)