Misteri Pulau Hantu yang Hilang selama Ratusan Tahun Akhirnya Terkuak

Senin, 01 Januari 2024 - 11:55 WIB
loading...
Misteri Pulau Hantu yang Hilang selama Ratusan Tahun Akhirnya Terkuak
Pulau hantu misteri menjadi salah satu misteri paling menarik di dunia. FOTO/ UNILAD
A A A
SIDNEY - Misteri pulau hantu yang hilang telah lama menjadi bahan perbincangan dan spekulasi di kalangan para ilmuwan dan peneliti. Pulau-pulau ini telah dipetakan dan dicatat keberadaannya selama berabad-abad, tetapi kemudian tiba-tiba menghilang tanpa jejak.



Pulau Sandy, sebidang tanah berukuran 14,9 mil persegi di Pasifik Selatan, pertama kali muncul di peta pada tahun 1768. Pulau ini kemudian muncul di peta-peta lain selama berabad-abad, termasuk peta-peta yang dibuat oleh pemerintah Prancis dan Australia.

Namun, pada tahun 2012, sebuah ekspedisi dari Australia yang dipimpin oleh Dr. David Sandwell tidak dapat menemukan pulau tersebut. Ekspedisi ini menggunakan kapal selam untuk menjelajahi area tersebut dan hanya menemukan laut yang luas.

Hilangnya Pulau Sandy telah menjadi misteri bagi para ahli. Ada beberapa kemungkinan penjelasan untuk fenomena ini, termasuk:

Pulau tersebut memang ada, tetapi telah tenggelam akibat perubahan iklim atau aktivitas gunung berapi.

Ilmuwan Maria Seton mengatakan kepada kantor berita AFP: "Kami ingin memeriksanya karena peta navigasi di kapal menunjukkan sesuatu kedalaman air 1.400 m di daerah itu – sangat dalam,''

"Itu ada di Google Earth dan peta lainnya jadi kami memeriksanya dan tidak ada pulau. Kami benar-benar bingung. Ini cukup aneh,'' jelas Maria Seton seperti dilansir dari Unilad, Senin (1/1/2024).

Berikut adalah beberapa kemungkinan penjelasan untuk hilangnya Pulau Sandy:

Pulau tersebut tenggelam


Salah satu kemungkinan penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa Pulau Sandy memang ada, tetapi telah tenggelam akibat perubahan iklim atau aktivitas gunung berapi. Perubahan iklim telah menyebabkan kenaikan permukaan laut, yang dapat menyebabkan pulau-pulau kecil tenggelam. Aktivitas gunung berapi juga dapat menyebabkan tanah longsor yang dapat menenggelamkan pulau-pulau.

Pulau tersebut tidak pernah ada


Kemungkinan lain adalah bahwa Pulau Sandy tidak pernah ada sama sekali, dan telah ditambahkan ke peta secara keliru. Hal ini mungkin terjadi karena kesalahan kartografi atau karena adanya penipuan.

Pulau tersebut adalah fatamorgana


Kemungkinan terakhir adalah bahwa Pulau Sandy adalah fatamorgana, atau ilusi optik yang disebabkan oleh kondisi cuaca tertentu. Fenomena ini dapat menyebabkan penampakan pulau atau daratan yang sebenarnya tidak ada.

Untuk menentukan penjelasan yang paling mungkin, para ahli perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi satelit untuk memantau area tersebut, atau dengan mengirim ekspedisi lain untuk menjelajahi area tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)