Mengenal Yastreb AV Rusia, Sistem Radar Canggih Seharga Rp3,8 Triliun

Sabtu, 06 Januari 2024 - 07:32 WIB
loading...
Mengenal Yastreb AV Rusia, Sistem Radar Canggih Seharga Rp3,8 Triliun
Inilah altileri canggih Yastreb AV Rusia yang harganya bisa mencapai USD250 juta atau Rp3,8 triliun. Foto: ist
A A A
UKRAINA - Yastreb AV milik Rusia resmi diterjunkan ke Ukraina belum lama ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kementerian Pertahanan bersama sejumlah media pemerintahan Rusia.

Namun, tak setelah pengumuman dari Kementerian Pertahanan Kremlin, pasukan Ukraina dikabarkan telah menyerang Yastreb AV menggunakan amunisi HIMARS.

Pihak militer Kiev bahkan mengklaim sudah menghancurkan salah satu kiriman Yastreb AV milik Rusia itu. Lantas, apa itu sebenarnya Yastreb AV? Simak ulasannya berikut ini untuk mengenalnya lebih jauh.

Apa itu Yastreb AV Rusia?
Mengenal Yastreb AV Rusia, Sistem Radar Canggih Seharga Rp3,8 Triliun

Yastreb AV merupakan sistem radar artileri canggih milik Rusia. Mengutip laman Sputnik, sistem radar tersebut dirancang guna memberikan data-data intelijen serta target sasaran strategis kepada unit artileri yang bertugas.

Mengenal Yastreb AV Rusia, Sistem Radar Canggih Seharga Rp3,8 Triliun

Pihak militer Ukraina mengklaim telah menghancurkan altileri radar canggih milik Rusia Yastreb AV. Foto: ist

Sistem radar Yastreb AV dibekali sensor canggih, sistem komunikasi hingga kemampuan pemrosesan data. Peralatan canggih tersebut memungkinkan para komandan unit artileri untuk mengidentifikasi posisi musuh dengan cepat dan akurat.

Pada pengembangannya, Yastreb AV telah selesai diuji pada akhir 2021 hingga awal 2022. Namun, sistem radar canggih itu baru dikirim ke pasukan Rusia baru-baru ini.

Sementara itu, spesifikasi rinci tentang sistem radar artileri Yastreb AV masih dirahasiakan. Beberapa hal yang sudah terungkap adalah seperti debut publiknya yang berlangsung di Army-2022.

Kemudian, pada penggunaannya, Yastreb AV bisa dipasang di sasis rantis seperti BAZ-6910. Nantinya, sistem radar tersebut juga bakal dilengkapi juga dengan stasiun antena di platform belakangnya.



Lebih jauh, Yastreb AV diklaim mampu mendeteksi lintasan artileri yang masuk serta menentukan titik asal amunisi. Nilai peralatan canggih tersebut dikatakan mencapai USD250 juta (Rp3,8 triliun).

Demikianlah ulasan mengenai Yastreb AV Rusia, sistem radar artileri canggih bernilaiUSD250juta.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)