Mampu Membunuh Semua Bakteri, Antibiotik Baru Super Ampuh Diciptakan

Senin, 08 Januari 2024 - 10:47 WIB
loading...
Mampu Membunuh Semua Bakteri, Antibiotik Baru Super Ampuh Diciptakan
Antibiotik Baru Super Ampuh Diciptakan. FOTO/ The Verge
A A A
LONDON - Para peneliti telah menemukan antibiotik baru yang dapat membunuh superbug resisten obat yang mematikan. Antibiotik baru, yang disebut teixobactin, berasal dari bakteri tanah yang tidak terkait dengan bakteri yang digunakan untuk membuat antibiotik saat ini.



Seperti dilansir dari Sciens Alert, Senin (8/1/2024), Teixobactin bekerja dengan cara yang berbeda dari antibiotik saat ini. Ini menargetkan dinding sel bakteri, yang merupakan struktur penting yang melindungi sel dari lingkungan.

Antibiotik saat ini biasanya menargetkan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan atau reproduksi bakteri.

Teixobactin telah terbukti efektif melawan berbagai jenis bakteri resisten obat, termasuk MRSA, E coli, dan Pseudomonas aeruginosa. Ini juga telah terbukti aman untuk hewan dan manusia.

Penemuan teixobactin adalah terobosan penting dalam pengobatan infeksi resisten obat. Ini adalah antibiotik pertama yang baru dikembangkan dalam beberapa dekade, dan memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan teixobactin untuk penggunaan klinis. Namun, penemuan ini adalah tanda optimis bahwa antibiotik baru yang efektif dapat dikembangkan untuk melawan bakteri resisten obat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)