NASA Pecahkan Misteri Pulau Ajaib di Sarturnus

Selasa, 09 Januari 2024 - 15:57 WIB
loading...
NASA Pecahkan Misteri Pulau Ajaib di Sarturnus
NASA Pecahkan Misteri Pulau Ajaib . FOTO/ SCIENCE ALERT
A A A
NEW YORK - Para ilmuwan dari NASA mengumumkan bahwa mereka telah memecahkan misteri "pulau ajaib" yang ditemukan di Titan, bulan terbesar Saturnus.



Seperti dilansir dari Science Alert, Selasa (9/1/2023), pulau tersebut, yang dikenal sebagai Xanadu, memiliki struktur yang sangat berbeda dari wilayah lain di Titan. Permukaan Xanadu rata dan halus, dengan sedikit kawah atau fitur lain.

Hal ini kontras dengan wilayah lain di Titan, yang memiliki permukaan yang lebih bergelombang dan penuh kawah.

Para ilmuwan awalnya berpikir bahwa Xanadu mungkin merupakan sisa dari sebuah kawah yang telah terisi dengan bahan cair. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa Xanadu sebenarnya adalah hasil dari proses geologis yang lebih kompleks.

Para ilmuwan percaya bahwa Xanadu terbentuk ketika lapisan es di permukaan Titan mencair. Cairan ini kemudian mengalir ke bawah, membentuk cekungan di bawah permukaan.

Cekungan ini kemudian terisi dengan bahan organik, yang membuat permukaannya menjadi halus dan rata.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang geologi Titan. Titan adalah satu-satunya bulan di tata surya yang memiliki lautan cair di permukaannya.

Penelitian tentang Xanadu dapat membantu para ilmuwan untuk memahami bagaimana lautan ini terbentuk dan berevolusi.

Penemuan ini merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam eksplorasi Titan. Ini menunjukkan bahwa Titan adalah dunia yang kompleks dan penuh misteri. Para ilmuwan masih memiliki banyak hal untuk dipelajari tentang bulan ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)