Spesifikasi Kapal Perang Inggris HMS Richmond yang Dikirim ke Laut Merah

Kamis, 11 Januari 2024 - 22:18 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Perang Inggris HMS Richmond yang Dikirim ke Laut Merah
Spesifikasi Kapal Perang Inggris HMS Richmond. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Kapal Perang Inggris, HMS Richmond kabarnya akan dikerahkan ke Laut Merah di tengah meningkatnya gelombang serangan terhadap kapal dagang oleh pasukan Houthi yang disokong Iran.



Dilansir dari Daily Mail, Inggris akan mengirimkan kapal perang baru ke Laut Merah untuk melindungi diri di tengah rentetan serangan baru-baru ini terhadap kapal komersial.

HMS Richmond nantinya akan ditempatkan untuk melindungi kapal dagang menyusul pernyataan kelompok Houthi yang akan menargetkan kapal sipil komersial yang memasuki atau meninggalkan Israel di Laut Merah.

Spesifikasi Kapal Perang Inggris HMS Richmond


HMS Richmond merupakan kapal fregat tipe 23 milik Royal Navy. Kapal ini merupakan kapal perang terakhir yang dibuat oleh perusahaan kapal terkenal Swan Hunter Shipbuilders.

Kapal yang diluncurkan pada tahun 1993 ini memulai pelayaran pertamanya pada tahun 1994. Telah beberapa kali kapal ini mengikuti misi penting, salah satunya adalah bergabung dengan skuadron multinasional NATO Standing Naval Force Mediterranean di tahun 2001.

Kapal ini ditenagai oleh empat generator diesel MTU 12V4000 M53 kapasitas 1.650 kilowatt dan dua motor listrik GEC yang menghasilkan 2980 kW.

Dengan mesin tersebut, HMS Richmond mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 52 kilometer per jam. Untuk jangkauannya kapal ini dapat menjangkau 14.000 km dengan kecepatan 28 kilometer per jam.

Untuk dimensinya, kapal ini memiliki panjang 133 meter, dengan lebar mencapai 16,1 meter, dan kedalaman atau syarat air sedalam 7,3 meter.

Sebagai kapal perang, HMS Richmond dipersenjatai dengan rudal anti air, rudal anti kapal, rudal anti kapal selam, dan beberapa jenis senapan otomatis.

Itulah spesifikasi dari HMS Richmond yang bakal dikerahkan ke Laut Merah untuk menjaga keamanan kapal dagang dari serangan kelompok militan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)