TNI AD Diperkuat 4 Unit Helikopter AS 550 Fennec dari Kemhan, Ini Spesifikasinya!

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:51 WIB
loading...
TNI AD Diperkuat 4 Unit Helikopter AS 550 Fennec dari Kemhan, Ini Spesifikasinya!
Helikopter AS 550 Fennec bisa digunakan dalam berbagai misi berbeda. Misalnya, sebagai dukungan senjata anti tank hingga pertempuran udara. Foto: TNI AD
A A A
JAKARTA - Sejumlah unit helikopter AS 550 Fennec resmi diserahkan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI kepada TNI Angkatan Darat (AD), Rabu (24/1/2025).
Adapun penyerahan secara simbolis dilakukan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Prosesi penerimaan berlangsung di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pada agenda ini, hadir juga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang turut menyaksikannya bersama para tamu undangan lain.

Lantas, seperti apa spesifikasi dari helikopter AS 550 Fennec yang diserahkan kepada TNI AD ini? Simak ulasannya berikut:

Spesifikasi Helikopter AS 550 Fennec
TNI AD Diperkuat 4 Unit Helikopter AS 550 Fennec dari Kemhan, Ini Spesifikasinya!

AS 550 Fennec merupakan helikopter militer ringan serbaguna buatan Airbus Helicopter. Jenisnya masih termasuk dalam keluarga helikopter Ecureuil.

Mengutip Airforce Technology, Senin (29/1/2024), AS 550 Fennec bisa digunakan dalam berbagai misi berbeda. Misalnya, sebagai dukungan senjata anti tank, pertempuran udara, dukungan serangan darat hingga sarana pelatihan militer.

Di dapur pacunya, helikopter ini membawakan mesin tunggal Turbomeca Arriel 2B. Bekal tersebut mampu menyemburkan tenaga lepas landas hingga 632 kW.

Bagian mesin AS 550 Fennec juga dilengkapi full authority digital engine control (FADEC). Sistem ini diklaim mampu mengurangi beban kerja pilot serta konsumsi bahan bakarnya.

Beralih ke performa, helikopter AS 550 Fennec memiliki kecepatan jelajah 258 km/jam. Sementara untuk kecepatan tertingginya bisa mencapai 287 km/jam.

Pada jangkauan operasi, AS 550 Fennec bisa mencapai ketinggian 7.000 m dengan daya tahan sampai 4 jam lebih. Sedangkan jangkauan tempuhnya dapat menyentuh jarak 666 km.



Hal menarik lain dari helikopter ini bisa dilihat dari persenjataan yang bisa dibawanya. AS 550 Fennec bisa disematkan berbagai sistem senjata sesuai kebutuhan operasionalnya.

Bergantung pada misinya, helikopter AS 550 Fennec bisa membawakan senjata seperti senapan mesin, peluncur roket hingga rudal berpemandu udara-ke-darat.

Demikianlah ulasan mengenai spesifikasi helikopter AS 550 Fennec yang diserahkan Kemhan RI untuk memperkuatarmadaTNIAD.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)