Hilang selama 87 Tahun, Pesawat Earhart Diklaim Ditemukan

Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:03 WIB
loading...
Hilang selama 87 Tahun, Pesawat Earhart Diklaim Ditemukan
.pesawat penjelajah terkenal Amelia Earhart pada tahun 1937 . FOTO/ DAILY
A A A
JAKART - Misteri hilangnya pesawar penjelajah terkenal Amelia Earhart pada tahun 1937 mungkin telah terungkap setelah dari gambar sonar yang diklaim sebagai pesawat di dasar laut Pasifik.



Earhart menghilang pada tanggal 1 Juni 1937 bersama pilot Fred Noonan saat menjalankan misi keliling dunia menggunakan pesawat Lockheed Electra.

Seperti dilasir dari Wion News, Jumat (2/2/024), Tony Romeo mantan perwira Angkatan Udara Amerika Serikat mengaku telah menemukan lokasi bangkai pesawat Earhart menggunakan sonar.

Gambar sonar yang dibagikan agak buram namun terlihat seperti Lockheed Elektra dengan dua mesin dan ekor kembar.

Romeo mengatakan, dirinya akan mencoba melakukan pemindaian lebih jelas di lokasi yang masih dirahasiakan saat ini.

Hilangnya Earhart adalah salah satu teka-teki terbesar dalam sejarah penerbangan. Di antara teori hilangnya dia adalah pesawat tersebut jatuh setelah tersesat dan dia ditangkap oleh tentara Jepang karena diduga sebagai mata-mata.

Beberapa misi pencariannya sejak 87 tahun lalu menemukan pecahan aluminium yang diklaim sebagai bagian dari reruntuhan pesawat dan tulang yang diklaim miliknya namun kemudian menghilang.

Pencarian telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk menemukan Earhart dan Noonan, namun belum ada hasil yang signifikan.

Hilangnya Amelia Earhart dan navigatornya, Fred Noonan, pada tahun 1937, saat mereka mencoba penerbangan keliling dunia, merupakan salah satu misteri penerbangan paling terkenal dalam sejarah. Berikut beberapa teori yang berusaha menjelaskan apa yang terjadi:

1. Kehabisan Bahan Bakar dan Jatuh ke Laut:


Teori ini adalah penjelasan resmi yang dikeluarkan oleh Angkatan Laut AS. Diduga Earhart dan Noonan kehabisan bahan bakar dan jatuh ke Samudra Pasifik, tenggelam tanpa jejak. Pencarian ekstensif tidak menemukan bukti pesawat atau jenazah mereka.

2. Mendarat Darurat di Pulau Terpencil:


Teori ini suggests bahwa Earhart dan Noonan berhasil mendarat darurat di pulau terpencil di Pasifik. Beberapa pulau kecil di Pasifik memiliki bukti yang menunjukkan kemungkinan Earhart dan Noonan pernah tinggal di sana, seperti tulang-belulang yang mungkin milik Earhart, artefak yang konsisten dengan peralatan mereka, dan laporan dari penduduk pulau tentang orang asing yang pernah mendarat di sana.

3. Diculik oleh Jepang:


Teori ini suggests bahwa Earhart dan Noonan diculik oleh pasukan Jepang di Kepulauan Marshall. Pada saat itu, Jepang sedang membangun kekuatan militer di Pasifik dan mungkin mencurigai Earhart sebagai mata-mata Amerika.

4. Menipu dan Menghilang Sengaja:


Teori konspirasi ini suggests bahwa Earhart dan Noonan memalsukan kematian mereka dan melarikan diri untuk memulai hidup baru. Teori ini didasarkan pada beberapa bukti, seperti laporan penampakan mereka di berbagai tempat setelah tanggal hilangnya, dan fakta bahwa Earhart memiliki banyak uang dan aset yang dapat dia gunakan untuk melarikan diri.

5. Kecelakaan Pesawat:

Teori ini suggests bahwa Earhart mengalami kecelakaan pesawat yang fatal di laut. Beberapa bukti mendukung teori ini, seperti laporan tentang ledakan di udara dan penampakan puing-puing pesawat di laut.

Hingga saat ini, misteri hilangnya Amelia Earhart dan Fred Noonan belum terpecahkan. Berbagai teori terus berkembang dan diperdebatkan, dan pencarian untuk menemukan bukti yang lebih konklusif masih berlangsung
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)