13 Hewan Paling Pintar di Dunia, Gajah dan Kucing Kalahkan Anjing

Senin, 12 Februari 2024 - 23:00 WIB
loading...
13 Hewan Paling Pintar di Dunia, Gajah dan Kucing Kalahkan Anjing
Gajah memiliki ingatan tajam dan tingkat kecerdasan emosional luar biasa. (Foto: Animals Araund The Globe)
A A A
JAKARTA - Anjing selama ini dikenal sebagai hewan paling pintar di dunia. Namun, soal kecerdasan banyak hewan lain yang setara bahkan melampauinya.

Kecerdasan mereka meliputi pola pikir yang kompleks yang sebanding dengan anak manusia, kemampuan bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan selama ribuan tahun, kemampuan navigasi, memecahkan masalah, hingga memahami bahasa manusia.

Hewan-hewan paling cerdas di dunia ini bervariasi dalam ukuran dan bentuk, menempati berbagai lingkungan baik di darat maupun laut serta hidup berdampingan dengan umat manusia.

Berikut 13 hewan paling pintar di Dunia dilansir dari Animals Around The Globe, Senin (12/2/2024):

1. Gajah


Hewan paling pintar di dunia di posisi pertama adalah gajah. Gajah terkenal karena memiliki ingatan yang sangat baik dan tingkat kecerdasan emosional luar biasa. Makhluk raksasa ini begitu canggih sehingga dapat membedakan beberapa bahasa manusia.



Faktanya, para peneliti dari Universitas Sussex merekam dua orang laki-laki yang berbicara kalimat yang identik dalam dua bahasa yang berbeda sebagai bagian dari penyelidikan mereka. Salah satu pria berasal dari suku Kamba, sedangkan yang lainnya dari suku Maasai di daerah tersebut, yang memiliki reputasi sebagai pemburu gajah liar.

Gajah-gajah itu berkumpul bersama dan menjadi protektif ketika pria Maasai mengatakan, "Lihatlah di sana, gajah mendekat." Namun, gajah tidak menunjukkan reaksi ketika pria dari suku Kamba mengatakan kalimat yang sama.

Tidak peduli bahasa yang mereka dengar, gajah telah mengetahui frase mana yang seharusnya memicu respons. Pada akhirnya, kemampuan mereka untuk mengingat kalimat dan kata-kata manusia membuatnya menjadi salah satu hewan paling pintar di Dunia.

2. Orangutan


Orangutan memiliki kemampuan luar biasa untuk berbicara tentang masa lalu. Oleh karena itu, mereka adalah salah satu hewan paling pintar di Dunia. Mereka memiliki kemampuan umum yang mereka bagikan dengan manusia, yang dikenal sebagai rujukan tergeser.

Para ilmuwan di Universitas Saint Andrew di Skotlandia menguji sekelompok orangutan untuk mengidentifikasi bagaimana mereka akan berperilaku dalam kelompok ketika mereka melihat predator. Namun, pada kenyataannya, predator-predator ini adalah ilmuwan yang berpakaian kostum predator.

Setelah melihat "predator-predator" palsu itu, orangutan akan dilanda rasa ketakutan, mulai menyembunyikan anak-anaknya dan memberi tahu orangutan lain ada predator. Kemampuan bereaksi terhadap bahaya inilah yang membuat mereka termasuk di antara primata paling cerdas di Dunia.

3. Kucing


Karena kemampuannya untuk mempertahankan kemandirian bahkan setelah dijinakkan, kucing dianggap lebih cerdas daripada anjing. Memori mereka yang superior menjelaskan persepsi mereka yang lebih tinggi terhadap kecerdasan. Kucing memiliki ingatan 200 kali lebih kuat daripada anjing dan dapat mengingat detail suatu hari selama hingga 16 jam.

Meskipun anjing mungkin lebih baik dalam membantu manusia, kucing memiliki otak yang jauh lebih canggih. Anjing hanya memiliki 160 neuron di otak mereka dibandingkan dengan 300 neuron kucing, menjadikan mereka salah satu hewan paling pintar di Dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)