Bulan Saturnus Miliki Air Berlimpah, tapi Mustahil Dihuni Manusia

Sabtu, 17 Februari 2024 - 12:19 WIB
Bulan Saturnus Miliki Air Berlimpah, tapi Mustahil Dihuni Manusia
Harapan untuk mendirikan koloni manusia di Titan, bulan terbesar yang mengelilingi Saturnus, sirna. (Foto: NASA)
JAKARTA - Harapan untuk mendirikan koloni manusia di Titan, bulan terbesar yang mengelilingi Saturnus, sirna. Meski memiliki air berlimpah seperti Bumi, terbukti Titan tak dapat dihuni umat manusia.

Sebuah studi baru menunjukkan harapan untuk menemukan kehidupan di dunia beku itu sudah mati dan bahwa lautan subpermukaan di Titan kemungkinan besar merupakan lingkungan yang tidak dapat dihuni.

"Sayangnya, kami sekarang sedikit kurang optimis saat mencari bentuk kehidupan di luar Bumi. Komunitas ilmiah sangat bersemangat tentang menemukan kehidupan di dunia beku di bagian luar tata surya, dan temuan ini menunjukkan bahwa hal itu mungkin kurang mungkin daripada yang kami asumsikan sebelumnya," kata Neish, seorang profesor ilmu bumi dilansir dari India Today, Sabtu (17/2/2024).

Titan, salah satu dari banyak bulan Saturnus , menyimpan lautan subpermukaan yang luas. Ilmuwan memperkirakan lautan tersebut memiliki lebih dari 12 kali volume samudra Bumi. Namun, hasil studi terbaru menyimpulkan tempat ini tak layak huni.

Temuan ini muncul ketika tim mencoba untuk mengkuantifikasi jumlah molekul organik yang dapat ditransfer dari permukaan kaya organik Titan ke lautan subpermukaannya, menggunakan data dari pembentukan kawah dampak. Detailnya sekarang telah dipublikasikan dalam jurnal Astrobiologi.

Tim tersebut memperhatikan komet yang mempengaruhi Titan sepanjang sejarahnya yang telah melelehkan permukaan bulan beku itu, menciptakan genangan air cair. Mereka menentukan berapa banyak komet dengan berbagai ukuran yang akan menabrak Titan setiap tahunnya selama sejarahnya. Hal ini memungkinkan para peneliti untuk memprediksi laju aliran organik yang membawa air dari permukaan Titan ke bagian dalamnya.

Apa yang mereka perkirakan adalah bahwa laju transfer organik dari komet itu terlalu sedikit daripada 7.500 kg/tahun dari glicin - asam amino yang paling sederhana, yang membentuk protein dalam kehidupan. Ini kira-kira sama dengan massa gajah Afrika jantan.

"Satu gajah per tahun glikin ke dalam lautan 12 kali volume samudra Bumi tidak cukup untuk mendukung kehidupan. Di masa lalu, orang sering mengasumsikan bahwa air sama dengan kehidupan, tetapi mereka mengabaikan fakta bahwa kehidupan membutuhkan unsur-unsur lain, khususnya karbon," kata Neish.

Neish adalah bagian dari tim yang mengembangkan Dragonfly, wahana antariksa yang akan pergi ke Titan pada tahun 2028. Wahana rotorcraft (drone) ini akan mempelajari kimia prebiotik Titan, atau bagaimana senyawa organik terbentuk dan mengatur sendiri untuk asal-usul kehidupan di Bumi dan di luar sana.