Gunung Es Terbesar di Dunia Terdeteksi Berputar 360 Derajat di Antartika

Senin, 19 Februari 2024 - 16:29 WIB
loading...
Gunung Es Terbesar di Dunia Terdeteksi Berputar 360 Derajat di Antartika
Gunung Es Terbesar di Dunia Terdeteksi Berputar 360 Derajat . FOTO/ DAILY
A A A
ANTARTIKA - Gunung es terbesar di dunia, megaburg A23a, baru-baru ini terlihat melakukan putaran 360° penuh saat mengapung di lepas pantai Antartika. Peristiwa ini sungguh luar biasa dan menarik perhatian banyak orang.



Seperti dilansir dari IFL Scince, SeninA23a menjadi berita utama pada bulan November tahun lalu ketika British Antarctic Survey (BAS) mengumumkan bahwa ia berpindah untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga dekade.

Gunung es tersebut saat ini sedang keluar dari Laut Weddell dan menuju ke “Iceberg Alley”, sebuah rute yang banyak diambil oleh gunung es setelah berangkat dari daratan Antartika.

Minggu ini, BAS telah membagikan gambar megaburg A23a yang berputar 360° mengikuti lagu “Spinning Around” oleh legenda pop Australia Kylie Minogue. Video ini menjadi viral dan banyak dibagikan di media sosial.

Citra tersebut diambil antara akhir Desember 2023 hingga Februari 2024 oleh MODIS (Moderate Resolusi Imaging Spectroradiometer), sebuah instrumen di satelit NASA Terra dan Aqua. Citra ini menunjukkan rotasi A23a dengan jelas.

Meskipun A23a berputar dengan anggun, gunung es ini sebenarnya raksasa. Dengan tinggi 400 meter (1.312 kaki) dan luas 4.000 kilometer persegi (1.500 mil persegi), bongkahan es yang mengapung ini lebih besar dari negara bagian Rhode Island.

Rotasi A23a kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti arus laut, angin, dan perubahan suhu air. Peristiwa ini menunjukkan bahwa gunung es dapat bergerak dan berubah dengan cara yang tidak terduga.

Megaburg A23a adalah pengingat akan kekuatan alam. Gunung es ini adalah contoh kecil dari keagungan dan misteri Antartika.

Megaburg A23a adalah contoh fenomena alam yang luar biasa. Rotasi gunung es ini menunjukkan kekuatan alam dan mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga kelestarian Antartika.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)