Kehidupan Sehari-hari Manusia Purba Neanderthal Terungkap dari Kotoran di Giginya

Senin, 19 Februari 2024 - 20:55 WIB
Tengkorak manusia purba. FOTO/ DAILY
LONDON - Penemuan baru yang luar biasa telah memberikan wawasan baru tentang kehidupan sehari-hari Neanderthal.

Seperti dilansir dari IFL Science, Senin (19/2/2024), para peneliti telah menganalisis plak gigi yang terfosil dari Neanderthal yang hidup di Gua Shanidar di Irak, dan menemukan bahwa plak tersebut mengandung sisa-sisa makanan, serbuk sari, dan mikroba.

Analisis ini menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki pola makan yang beragam, yang meliputi daging, tumbuhan, dan kacang-kacangan.

Mereka juga tampaknya menggunakan alat-alat kayu untuk mengolah makanan, dan mungkin memasak makanan mereka.

Penelitian ini juga memberikan informasi tentang kesehatan Neanderthal. Para peneliti menemukan bukti penyakit paru-paru dan infeksi mulut, yang menunjukkan bahwa Neanderthal mungkin menderita penyakit yang mirip dengan manusia modern.

Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kehidupan Neanderthal.

Ini menunjukkan bahwa mereka adalah hominid yang kompleks dengan pola makan yang beragam, alat-alat yang canggih, dan kemungkinan penyakit yang mirip dengan manusia modern.