Misi Odysseus Berhasil! Foto Perdana Nova-C Tampilkan Pemandangan Bumi yang Menakjubkan

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:47 WIB
loading...
Misi Odysseus Berhasil! Foto Perdana Nova-C Tampilkan Pemandangan Bumi yang Menakjubkan
Foto bumi yang diambil dari Nova-C di misi Odysseus tampak sangat detil dan luar biasa megah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pendaratan Nova-C resmi diluncurkan dalam misi Odysseus . Sejak dilontarkan oleh roket SpaceX Falcon 9 pada 15 Februari lalu, Nova-C akhirnya membagikan foto perdananya yang menampilkan pemandangan menakjubkan.

Dalam sebuah postingan di Twitter, Intuitive Machines (IM) selaku perancang Nova-C merilis hasil foto yang diambil untuk pertama kalinya tak lama setelah pemisahan dari roket SpaceX tahap kedua. Ada beberapa foto yang diabadikan.

Sebagaimana dihimpun dari Techspot, Selasa (20/2/2024), selain menunjukkan bagaimana misi Odysseus berjalan mulus sesuai dengan rencana, foto juga menampilkan pemandangan unik Bumi dan Odysseus itu sendiri.

Tampak permukaan Bumi berwarna biru terang dengan sekelilingnya hanya menampilkan kegelapan.

Jauh di atas Bumi, terlihat pesawat Odysseus dengan warna emas mencolok yang membawa beragam peralatan canggih untuk penelitian.

Pendarat Nova-C di atas kapal Odysseus mencakup beberapa alat ilmiah yang dikembangkan oleh NASA, seperti demonstrasi navigasi otonom di permukaan bulan, sistem laser untuk penanda lokasi permanen di Bulan, dan banyak lagi.

Sensor dan perangkat lain juga disematkan, yang akan mengukur perilaku konsumsi bahan bakar dalam kondisi gravitasi mikro, dan bagaimana ledakan mesin pesawat ruang angkasa dapat berdampak pada permukaan Bulan.

Setelah mengirimkan foto pertama dari luar angkasa, Intuitive Machines berhasil menembakkan mesin metana cair dan oksigen cair pertama di luar angkasa, menyelesaikan commissioning mesin misi Odysseus.


Pengaktifan mesin tersebut mencakup pembakaran mesin utama dengan daya dorong penuh dan profil throttle-down yang akan diperlukan untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa di Bulan.

Pendarat Nova-C tetap berada dalam kondisi sangat baik dan berfungsi seperti yang diharapkan. Pesawat ruang angkasa ini berada dalam orientasi yang stabil dan tetap sesuai jadwal untuk peluang pendaratan di Bulan pertamanya yang ditetapkan pada tanggal22Februari.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)