Makhluk Terbesar Sepanjang Masa Mungkin hanya Mitos, Ini Buktinya

Minggu, 10 Maret 2024 - 18:10 WIB
loading...
Makhluk Terbesar Sepanjang Masa Mungkin hanya Mitos, Ini Buktinya
ahli paleontologi Ryosuke Motani dan Nicholas Pyenson menemukan bahwa tulang Perucetus sangat padat, membuatnya sulit untuk berenang.. FOTO/ SCIENCE ALERT
A A A
SIDNEY - Tahun lalu, fosil paus punah berusia 39 juta tahun ditemukan di Peru. Awalnya, paus ini, bernama Perucetus colossus, diperkirakan sebagai hewan terbesar yang pernah ada, dengan berat mencapai 340 ton.



Namun, ahli paleontologi Ryosuke Motani dan Nicholas Pyenson menemukan bahwa tulang Perucetus sangat padat, membuatnya sulit untuk berenang.

“Tugas paus adalah tetap berada di permukaan, atau bahkan meninggalkan dasar laut – ia memerlukan berenang terus-menerus melawan gravitasi untuk melakukan apa pun di dalam air,” kata Motani dari Universitas California Davis seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (10/3/2024).

Perhitungan ulang menunjukkan bahwa Perucetus sebenarnya jauh lebih ringan, dengan berat sekitar 70 ton untuk spesimen 17 meter.

“Perucetus tidak melebihi massa tubuh paus biru saat ini, dan lebih mirip dengan ukuran tubuh dan berat paus sperma,” temuan Motani dan Pyenson dalam analisis baru mereka.

Meskipun Perucetus masih merupakan hewan yang luar biasa besar, gelar hewan terbesar sepanjang masa masih dipegang oleh paus biru, dengan berat mencapai 270 ton.

Perucetus colossus adalah paus prasejarah yang ditemukan di Peru.

Perkiraan awal menunjukkan bahwa Perucetus memiliki berat 340 ton, menjadikannya hewan terbesar yang pernah ada.

Motani dan Pyenson menemukan bahwa tulang Perucetus sangat padat, membuatnya sulit untuk berenang.

Perhitungan ulang menunjukkan bahwa Perucetus memiliki berat sekitar 70 ton untuk spesimen 17 meter.

Paus biru masih merupakan hewan terbesar yang pernah ada, dengan berat mencapai 270 ton.
Kesimpulan:

Meskipun Perucetus colossus adalah hewan yang luar biasa besar, gelar hewan terbesar sepanjang masa masih dipegang oleh paus biru.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4807 seconds (0.1#10.140)