Ilmuwan Temukan Hiu Hantu dengan Alat Kelamin di kepala

Minggu, 24 Maret 2024 - 06:29 WIB
Ilmuwan Temukan Hiu Hantu dengan Alat Kelamin di kepala
Hiu Hantu dengan Alat Kelamin di kepala. FOTO/ DAILY
BANGKOK - Sekelompok ilmuwan menemukan hiu ' hantu ' di kedalaman hampir 804,67 meter di Laut Andaman, Thailand.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (24/3/2024), tim ilmuwan tak hanya 'memantau' spesies hiu yang belum pernah terlihat sebelumnya, mereka juga menangkapnya di lokasi dekat destinasi resor, Phuket.

Makhluk laut itu memiliki sirip berwarna hitam berbulu, ekor setajam alat penyengat, serta mata besar berwarna hijau yang panjangnya hampir sepertiga panjang kepalanya.

Sebuah tim ilmuwan internasional menangkap hiu tersebut selama ekspedisi laut dalam atas nama Departemen Perikanan Thailand dan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hiu jantan mempunyai organ intim di kepala dan hiu betina dapat menyimpan sperma selama bertahun-tahun.

Pada awal penelitian, tim secara keliru mengidentifikasi makhluk sepanjang 27,94 sentimeter itu sebagai spesies hiu hantu yang terkenal, chimaera tulang panjang.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk pengujian genetik, kini mereka menyimpulkan bahwa itu sebenarnya adalah spesies baru, Chimaera Supapae.

Namanya didapat dari peneliti ikan asal Thailand, Supap Monkolprasit.

Ekspedisi penangkapan hiu hantu dilakukan pada tahun 2018 dan penelitiannya dipublikasikan di jurnal Raffles Bulletin of Zoology.