Foto Eksotik, Kawanan Bintang Laut Melahap Singa Laut di Dasar Laut California

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:34 WIB
loading...
Foto Eksotik, Kawanan Bintang Laut Melahap Singa Laut di Dasar Laut California
Foto menakjubkan singa laut California yang mati dikerubuti kawanan bintang laut kelelawar berwarna-warni ini menjadi pemenang penghargaan fotografi satwa liar utama. Foto/David Slater/Live Science
A A A
MONTEREY - Foto kawanan bintang laut melahap mayat singa laut di dasar laut terekam apik oleh fotografer satwa liar David Slater di perairan dangkal Teluk Monterey, California, Amerika Serikat (AS). Foto yang eksotik ini merupakan pemenang penghargaan California Academy of Science's Big Picture Competition untuk kategori Aquatic Life.

Tidak jelas bagaimana singa laut dalam gambar itu mati, mungkin karena sebab alami atau terbunuh oleh faktor antropogenik, seperti tertabrak kapal, menelan plastik, atau terjerat alat tangkap. Namun, populasi singa laut California sebenarnya meningkat tajam dalam ukuran dan terdaftar sebagai "paling tidak mengkhawatirkan" dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah Internasional Union for Conservation Nature (IUCN).

David Slater menangkap foto seekor singa laut yang mati dengan latar belakang sekelompok singa laut lain yang berenang di perairan teluk Monterey. Kemungkinan besar itu adalah singa laut California (Zalophus californianus), atau singa laut Steller (Eumetopias jubatus).



Sedangkan sekelompok bintang laut yang memakan bangkai singa laut, diketahui spesies bintang laut kelelawar (Patiria miniata). Ini merupakan jenis bintang laut pemulung memiliki tubuh eskostis penuh warna. Bintang laut kelelawar memainkan peran kunci mendaur ulang singa laut yang mati menjadi energi dan nutrisi, serta mengembalikan sisa-sisanya ke jaring makanan laut.

“Saya tahu gambar ini istimewa ketika pertama kali menerbitkannya, tetapi kata-kata bahkan tidak dapat menggambarkan bagaimana perasaan saya bisa menjadi pemenang dalam kontes bergengsi seperti itu,” tulis Slater melalui akun Instagram dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (23/6/2022).

Bintang kelelawar mendapatkan namanya dari anyaman yang tumbuh di antara lengannya, yang menyerupai sayap kelelawar. Bintang laut biasanya memiliki lima lengan, tetapi bisa juga memiliki sebanyak sembilan lengan.

Menurut Monterey Bay Aquarium, bintang laut dapat tumbuh hingga 20 sentimeter. Bintang laut memiliki warna warni yang indah, paling dominan merah, oranye, kuning, coklat, hijau atau ungu.



Bintang kelelawar memiliki "bintik mata" penginderaan cahaya di ujung setiap lengan, dan sel-sel penciuman di bagian bawah lengan. Organ ini memungkinkan mereka untuk "merasakan" zat kimia yang ditinggalkan oleh invertebrata kecil atau mayat di dalam air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)