5 Superyacht Termahal di Dunia, Ada yang Terbuat dari Tulang Dinosaurus

Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:28 WIB
loading...
5 Superyacht Termahal di Dunia, Ada yang Terbuat dari Tulang Dinosaurus
Daftar teratas superyacht termewah dipegang oleh History Supreme. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Kapal pesiar atau superyacht bukan hanya alat transportasi laut biasa, tapi bagi sebagian orang menjadi simbol kemewahan. Bukan kaleng-kaleng, terdapat 5 superyacht termahal di dunia yang patut dikagumi.

Selain memiliki harga fantastis hingga mencapai miliaran dolar, tampilan superyacht bagaikan istana mewah yang mengapung di atas lautan. Terdapat berbagai fasilitas dan desain yang luar biasa. Melansir Al Arabiya, Jumat (27/3/2024) berikut 5 superyacht termahal di dunia saat ini, beserta detailnya.

1. History Supreme


Daftar teratas superyacht termewah dipegang oleh History Supreme. Lantaran harganya mencengangkan hingga mencapai 4,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 72,9 triliun, berdasarkan Forbes India.

Proses pembuatannya berjalan selama tiga tahun dengan bahan lebih dari 100.000 kilogram emas dan platinum menghiasi strukturnya, History Supreme pun ditahbiskan sebagai lambang kemewahan maritim. Desainer asal Inggris Stuart Hughes mendapatkan kepercayaan untuk merancang yacht itu. Kapal setinggi 30,5 meter ini dikabarkan dimiliki oleh orang terkaya di Malaysia.

Kapal ini memiliki kamar utama yang dibangun dari batu meteorit dan patung yang terbuat dari tulang Tyrannosaurus Rex asli.


2. Streets of Monaco


Menurut laman Luxhabitat, konsep kapal pesiar Streets of Monaco bernilai sekitar 1 miliar dollar AS atau Rp 15,2 triliun ini mengadaptasi kemegahan Kerajaan Monaco.

Mega-yacht sepanjang 155 meter ini mencakup versi miniatur landmark Monaco, seperti Kasino Monte Carlo, Hotel de Paris, dan trek grand prix. Akomodasi mewah dan tempat hiburan, menahbiskannya bak negara berdaulat di atas laut yang menawarkan ekspresi kekayaan dan kemewahan tertinggi.

3. Eclipse


Menurut Yacht World, Eclipse dimiliki oleh miliarder Rusia Roman Abramovich dan bernilai sekitar 1,5 miliar dollar AS atau setara dengan sekitar Rp22,8 triliun.

Memiliki tinggi 162 meter, kapal ini pernah menjadi kapal pesiar terbesar di dunia, dengan fitur-fitur canggih seperti dua landasan helikopter, 24 kabin tamu, dua kolam renang, dan kapal selam mini yang mampu menyelam hingga kedalaman 50 meter. Sistem pertahanan rudal canggih dan mekanisme deteksi penyusup menjamin privasi dan jendela anti peluru, menjadikan Eclipse benteng terapung yang penuh kesendirian dan kemewahan.


4. Azzam


Kapal pesiar Azzam disebut seperti kapal pesiar motor pribadi terbesar di dunia. Menurut Forbes India, Kapal pesiar Ini diluncurkan pada 2013 oleh galangan kapal Jerman Lürssen Yachts. Pemilik kapal tidak diungkapkan secara publik, tetapi diyakini pemiliknya yaitu Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab.

Kapal pesiar Azzam bukan hanya yang terbesar di dunia, tetapi juga salah satu yang tercepat. Memiliki panjang 180 meter dan lebar 20,8 meter, Azzam berbobot kotor 9.400 ton dan dapat mencapai kecepatan hingga 31 knot (57,4 km/jam). Kapal ini memiliki lima dek dan mampu menampung hingga 36 tamu dan 80 awak kapal. Harga kapal Azzam saat ini diperkirakan mencapai 600 juta dolar AS, atau sekitar Rp9,2 triliun.

5. Motor Yacht A


Motor Yacht A diklaim sebagai kapal superyacht mewah senilai Rp 6,3 triliun. Desainnya tergolong unik karena bentuk lambung kapalnya terbalik serta memiliki interior kontemporer yang minimalis.

Kapal sepanjang 119 meter ini dapat menampung 14 tamu di tujuh kabin dan memiliki sejumlah fitur unik, termasuk tiga kolam renang, lantai disko, dan helipad. Memiliki kecepatan maksimum 23 knot dan jelajah 19.5 knot, kapal ini dimiliki oleh pengusaha dan industrialis Rusia Andrey Melnichenko sejak 2022.

Kapal-kapal pesiar ini menunjukkan tingginya tingkat kekayaan di dunia dan sekaligus menjadi simbol gaya hidup mewah para miliarder.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3795 seconds (0.1#10.140)