Pelihara Kucing Berisiko Hadapi Gangguan Skizofrenia, Ini Faktanya

Jum'at, 12 April 2024 - 16:59 WIB
loading...
Pelihara Kucing Berisiko Hadapi Gangguan Skizofrenia, Ini Faktanya
Kucing peliharaan. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
LONDON - Baru-baru ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Schizophrenia Research menemukan hubungan potensial antara kepemilikan kucing dan peningkatan risiko mengembangkan gangguan terkait skizofrenia.



Penelitian ini, yang merupakan analisis dari 17 studi yang dilakukan selama 44 tahun, menemukan bahwa orang yang memiliki kucing memiliki kemungkinan 2,35 kali lebih tinggi untuk mengembangkan skizofrenia atau gangguan terkait lainnya dibandingkan mereka yang tidak memiliki kucing.

Seperti dilansir dari Science Alert, Jumat (12/4/2024), meskipun penelitian ini menunjukkan hubungan, penting untuk dicatat bahwa ini bukan bukti sebab-akibat.

Artinya, memiliki kucing tidak secara langsung menyebabkan skizofrenia. Ada kemungkinan lain yang dapat menjelaskan hubungan yang diamati, seperti:

Paparan Toxoplasma gondii: Parasit ini dapat ditularkan melalui kotoran kucing yang terinfeksi dan dapat meningkatkan risiko skizofrenia.

Faktor gaya hidup: Pemilik kucing mungkin lebih cenderung memiliki gaya hidup tertentu yang juga meningkatkan risiko skizofrenia.

Faktor pemilihan: Orang yang lebih rentan terhadap skizofrenia mungkin lebih cenderung memilih untuk memiliki kucing.

Penting untuk diingat bahwa skizofrenia adalah penyakit kompleks dengan banyak penyebab. Kepemilikan kucing hanyalah salah satu faktor risiko potensial, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungannya dengan pasti.

Jika Anda khawatir tentang risiko skizofrenia, penting untuk berbicara dengan dokter Anda. Mereka dapat membantu Anda menilai risiko Anda dan mendiskusikan langkah-langkah pencegahan yang mungkin.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)