Apa Sifat dari Harimau? Ini Penjelasan Lengkapnya

Minggu, 14 April 2024 - 20:58 WIB
loading...
Apa Sifat dari Harimau? Ini Penjelasan Lengkapnya
Apa Sifat dari Harimau? . FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Harimau punya sifat pendendam ke manusia? Meskipun sebagian besar hewan menghindari konflik dengan manusia, beberapa dri mereka tidak segan menyimpan dendam dan mencari pembalasan.



Lantas benarkah harimau punya sifat pendendam ke manusia? Penelitian mengungkapkan bahwa harimau menempati urutan teratas dalam daftar hewan pendendam.

Predator puncak ini berusaha keras untuk melacak dan menghadapi pihak-pihak yang membahayakan mereka atau keturunan mereka.

Terlebih hewan ini mengalami emosi yang kompleks, termasuk kemarahan dan dendam. Salah satu contohnya, saat pemburu Rusia, Vladimir Markov yang melukai seekor harimau ketika mencoba membunuhnya.

Harimau itu melacaknya hingga ke kabinnya, membuat kekacauan, dan menunggu untuk membalas dendam sekembalinya dia dari hutan. Dalam kejadian lain, seekor harimau betina yang melarikan diri, disiksa oleh laki-laki yang mabuk, mengejar orang-orang yang mengejeknya.

Para peneliti menyebut harimau sebagai hewan paling pendendam di planet ini. Berhubungan dengan predator puncak seperti harimau Siberia dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Lalu di India, seekor harimau jantan di Seethathodu, Kerala, mengamuk pada tahun 2016.

Harimau memiliki beberapa sifat yang menarik, diantaranya:

Soliter (Mandiri): Harimau dikenal sebagai hewan yang soliter atau penyendiri. Mereka biasanya hanya berkumpul saat musim kawin saja. Sifat mandiri inilah yang membuat mereka terlihat kuat dan mampu mengatasi masalah sendiri.

Pemburu yang hebat: Sebagai pemangsa puncak, harimau memiliki kemampuan berburu yang luar biasa. Mereka memiliki indra penciuman tajam, tenaga yang kuat, dan gerakan yang (mǐnjié - lincah) .

Teritorial: Harimau memiliki wilayah kekuasaan sendiri yang mereka jaga ketat. Mereka akan menghalau (mengusir) harimau lain yang memasuki wilayah mereka.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan harimau juga memiliki sifat yang tidak disangka:
Lembut dan penyayang: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa harimau, terutama harimau siberia, juga memiliki sifat lembut dan penyayang, khususnya terhadap anak-anaknya.

Stabil: Selain sifat garang, harimau yang memiliki kepribadian stabil ditemukan lebih sukses dalam hal kesehatan, perburuan, dan perkembangbiakan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)