Misteri Drone Hiu Ukraina, Senjata Baru yang Mengerikan

Senin, 15 April 2024 - 11:05 WIB
loading...
Misteri Drone Hiu Ukraina, Senjata Baru yang Mengerikan
Drone Hiu disebut-sebut bukanlah jenis pengintai. (Foto: @Telegram AFU Pu?k Azow)
A A A
JAKARTA - Militer Ukraina ditengarai merancang sebuah senjata baru berbentuk drone Hiu. Kabar ini pun meneror militer Rusia.

Essanews melansir, Senin (15/4/2024) sistem udara tak berawak (UAS) ini dikembangkan di Ukraina. Drone Hiu ini disebut-sebut bukanlah jenis pengintai yang biasanya berdengung. Detailnya masih diselimuti misteri, namun laporan menunjukkan desain sayap tetap berkecepatan tinggi dengan kekuatan yang mengejutkan.

Jenis drone hiu ini disebut predator yang diam, mampu menyelinap di langit malam tanpa terdeteksi oleh radar konvensional. Kehadirannya memungkinkan untuk tetap berada di belakang garis musuh dalam jangka waktu lama, memberikan pantauan real-time dan menyerang dengan presisi mematikan pada waktu yang tepat.

Kehebatan drone Hiu tersebut masih menjadi rahasia yang dijaga ketat oleh pihak berwenang Ukraina. Namun bocoran video dan laporan memberikan gambaran suram bagi militer Rusia yang tidak menaruh curiga.



Drone Hiu tampaknya menggunakan penargetan laser, membawa sejumlah besar rudal anti-tank atau peluru dengan daya ledak tinggi dan melakukan serangan tepat terhadap kendaraan lapis baja dan pusat komando dengan presisi luar biasa. Kombinasi mematikan ini membuatnya menjadi pengganda kekuatan yang luar biasa, memungkinkannya untuk melakukan pukulan jauh melebihi bobotnya di medan perang.

Selain kerusakan fisik yang ditimbulkan, kekuatan drone ini terletak pada teror psikologis yang ditimbulkan. Tentara Rusia dilaporkan terus-menerus gelisah dan terganggu oleh drone tak kasat mata yang berputar-putar di atas mereka. Beberapa pejabat militer Ukraina menyebut hiu itu sebagai "Hantu Kiev". Kehadirannya senantiasa mengingatkannya akan bahaya yang mengintai di langit.

Pakar militer percaya bahwa drone Hiu mewakili titik balik dalam peperangan modern. Biaya operasional drone Hiu pun dinilai ekonomis.Keterjangkauan Hiu sangat kontras dengan mahalnya harga jet tempur konvensional dan rudal jarak jauh.

Hal ini menawarkan keuntungan yang berpotensi mengubah keadaan bagi negara-negara kecil yang menghadapi invasi dari musuh yang lebih besar dan lebih kuat. Dengan armada Hiu, bahkan negara kecil pun bisa memperoleh superioritas udara yang signifikan tanpa mengeluarkan banyak uang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)