Misteri Drone Hiu Ukraina, Senjata Baru yang Mengerikan

Senin, 15 April 2024 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Drone Hiu membuka jalan bagi pengembangan taktik gerombolan, di mana beberapa drone menyerang secara bersamaan untuk mengalahkan pertahanan udara musuh. Hal ini dapat membuat sistem pertahanan udara tradisional menjadi usang dan memaksa militer untuk sepenuhnya memikirkan kembali pendekatan mereka terhadap perang udara.

Bayangkan sebuah serangan terkoordinasi yang dilakukan oleh puluhan drone yang senyap dan nyaris tak terlihat sehingga mampu melumpuhkan pertahanan musuh dan membuka jalan bagi serangan udara besar-besaran dan pergerakan pasukan.

Drone Hiu biasanya beroperasi di wilayah abu-abu yang sah, mengaburkan batas antara drone pengintai biasa dan senjata ofensif. Hal ini menimbulkan pertanyaan terhadap kerangka hukum peperangan yang ada dan memerlukan pengembangan protokol baru untuk penggunaan drone bersenjata secara bertanggung jawab. Komunitas internasional harus mengatasi implikasi etika dan hukum dari dampak baru yang kuat ini senjata untuk mencegah penyalahgunaannya.

Dampak drone Hiu tidak dapat disangkal. Hal ini merupakan bukti kecerdikan Ukraina dalam menghadapi tantangan yang sangat besar dan gambaran tentang masa depan di mana peperangan semakin banyak dilakukan menggunakan perangkat tak berawak. Dampak jangka panjang dari teknologi baru ini masih harus dilihat, namun satu hal yang pasti, revolusi drone sedang terjadi di Ukraina.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)