4 Fakta Harimau Benggala, Salah Satunya Gemar Berenang

Rabu, 17 April 2024 - 19:00 WIB
loading...
4 Fakta Harimau Benggala, Salah Satunya Gemar Berenang
Harimau Benggala merupakan salah satu dari 6 subspesies harimau yang masih hidup di dunia. (Foto: Britannica)
A A A
JAKARTA - Harimau Benggala (Panthera tigris tigris) merupakan salah satu dari enam subspesies harimau yang masih hidup di dunia. Meski jumlahnya sudah tidak banyak, harimau ini tersebar di alam liar di hutan dan rawa-rawa di wilayah India, Bangladesh, Bhutan dan Nepal. Beberapa di antaranya juga hidup di taman konservasi dan kebun binatang.

Dari bentuk tubuh, Harimau Benggala merupakan spesies kucing terbesar kedua di dunia setelah Harimau Siberia. Harimau Benggala menyaingi harimau Siberia dengan bulu tebal dan berukuran lebih besar yang hidup di iklim dingin.

Ciri lainnya yang membedakan dengan harimau lain adalah memiliki bulu oranye terang dengan motif garis-garis hitam atau cokelat tua. Varian langka berbulu putih dari subspesies ini alias harimau putih juga ada.

Selain itu, Harimau Benggala juga memiliki gigi taring terbesar di antara semua keluarga kucing. Panjang taringnya bisa mencapai 10 sentimeter. Harimau Benggala juga memiliki cakar yang kuat sehingga memiliki kemampuan memanjat pohon untuk mengejar mangsanya.



Harimau Benggala jantan terbesar dapat tumbuh hingga sekitar 3,2 meter dan berat hampir 295 kg. Betina lebih kecil, yang terbesar berukuran sekitar 2,7 meter dan beratnya mencapai 181 kg. Mereka memangsa rusa, kijang, gaur, dan babi hutan.

Selain ciri-ciri fisik, habitat serta mangsanya, ada banyak fakta menarik lain tentang Harimau Benggala sebagaimana dilansir dari laman Taman Safari Bali, Rabu (17/4/2024).

1. Gemar Berenang


Fakta unik pertama Harimau Benggala adalah kegemarannya bermain air. Harimau Benggala merupakan perenang andal dan membuatnya memiliki keunggulan berburu mangsa di air. Mereka juga akan berendam di air ketika cuaca panas.

2. Satwa Soliter dan Predator Nokturnal


Harimau Benggala merupakan predator nokturnal yang gemar berburu mangsa di malam hari. Hal ini karena penglihatan Harimau Benggala di malam hari enam kali lebih tajam ketimbang manusia.

Harimau Benggala juga termasuk hewan yang suka menyendiri. Mereka biasanya berpatroli sendiri di wilayah kekuasaannya. Namun khusus untuk induk harimau banyak menghabiskan waktu bersama anaknya.


3. Memiliki Auman Menyeramkan


Harimau Benggala jarang mengaum. Tapi sekalinya mengaum suaranya sangat keras dan amat menyeramkan. Suara auman harimau bisa terdengar hingga jarak tiga kilometer.

4. Terancam Punah


Sama seperti jenis harimau lainnya, Harimau Benggala juga berstatus terancam punah. Banyak faktor yang membuat Harimau Benggala tercancam punah, di antaranya perburuan liar, kerusakan habitat, konflik dengan manusia dan perubahan iklim.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)